Baca dalam 3 menit

Bangun Pelabuhan Perdagangan Bebas di Hainan, Tiongkok Alokasikan Dana Hingga Triliunan

Waktu Publish : 26 Jun 2020, 15:05 WIB
SHARE ARTIKEL

Pulau Hainan - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Hainan, Bolong.id - Tiongkok akan memajukan perekonomiannya dengan mengalokasikan dana sebesar 3,5 miliar yuan atau sekitar Rp 7 triliun, untuk mendukung pembangunan pelabuhan perdagangan bebas di Hainan, hal ini dilaporkan pada hari Selasa (23/6/2020).

Melansir ecns.cn, menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok (国家发展和改革委员会), dana tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur dan meningkatkan pelayanan publik di pelabuhan perdagangan bebas tersebut. Dukungan yang ditargetkan akan ditawarkan kepada proyek-proyek jangka panjang, seperti fasilitas pemantauan, infrastruktur pariwisata, serta proyek-proyek yang berkaitan dengan pencegahan dan pengendalian pandemi.

Awal bulan Juni 2020 kemarin, pemerintah Tiongkok merilis Master Plan dari pelabuhan Hainan, yang menunjukkan provinsi pulau selatan akan dibangun, untuk diubah menjadi pelabuhan perdagangan bebas tingkat tinggi, yang dapat berpengaruh secara global pada pertengahan abad mendatang.

Sistem pelabuhan perdagangan bebas akan lebih fokus kepada liberalisasi dan fasilitasi perdagangan dan investasi. Dasarnya akan didirikan pada tahun 2025 dan akan lebih matang lagi pada tahun 2035. Hal ini sesuai dengan rencana yang dikeluarkan bersama oleh Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (中国共产党中央委员会) dan Dewan Negara (国务院).

Banner Kanan
Logo follow bolong