Baca dalam 3 menit

Kapal Serbu Amfibi Pertama PLA Memulai Uji Coba Perdana

SHARE ARTIKEL

Kapal Amfibi Tiongkok - Image from Global Times

Tiongkok, Bolong.id - Dilansir Global Times, kapal serbu amfibi tipe 075 pertama Tiongkok tampaknya telah memulai uji coba laut perdananya pada Rabu (5/8/2020). Hal ini terlihat dari video online, foto, dan pemberitahuan oleh Administrasi Keselamatan Maritim.

Menurut para pakar militer, pelayaran perdana ini diperkirakan dilakukan untuk menguji sistem utama kapal amfibi, termasuk tenaga penggerak, navigasi, dan sistem komunikasi. 

Kapal penyerang amfibi Tipe 075 buatan Tiongkok yang pertama ini dibuat di dalam negeri. Kapal terlihat meninggalkan Hudong Zhonghua Shipyard di sepanjang sungai Huangpu di Shanghai pada Rabu (5/8/2020).

Biasanya apabila dibutuhkan kapal perang baru, dibutuhkan satu atau dua tahun untuk secara resmi bergabung dengan dinas militer setelah uji coba laut pertama. Ini berarti Tipe 075 pertama kemungkinan akan ditugaskan ke Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) pada 2021 atau 2022.

Tipe 075 sebanding dengan kapal amfibi kelas Wasp AS, jenis kapal perang Tiongkok ini diperkirakan akan memainkan peran besar di sekitar Selat Taiwan dan Laut Tiongkok Selatan. (*) 


Terkait

international

Kapal Serbu Amfibi Pertama PLA Memulai Uji Coba Perdana

  • Yohana Intan
  • 06 Aug 2020
Logo follow bolong