Menarik, Ini Ciri Khas Kopitiam yang Beda dari Kopi Lainnya

logo clock 3 Menit logo clock 03-09-2020, 10:01

Kopitiam dan Makanan Pendamping - Image from internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Kopitiam berasal dari gabungan bahasa Melayu “kopi” dan bahasa Hokkian “tiam” yang artinya toko. Kopitiam merupakan produk budaya Melayu-Tionghoa di negara serumpun Melayu seperti Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Kopitiam memiliki kedai berciri khas unik. Kedai kopitiam memiliki menu standar yang sama di hampir semua kedai. Ada menu Kopi O, yang merupakan kopi hitam yang sudah ditambahkan gula. Kemudian ada Kopi O kosong, kopi hitam polos tanpa tambahan apapun. Kpi peng, es kopi dengan gula. Kopi coffee, kopi dengan susu dan sedikit gula. Kopi C, kopi dengan campuran susu kental manis dan gula. Lalu ada Yuan, kopi yang dicampur teh.

Hal unik selanjutnya, kopi ini berbeda dengan jenis kopi lainnya. Apanya yang berbeda? Bahan kopinya. 

Kopitiam menggunakan bahan susu yang berbeda, yaitu menggunakan susu evaporasi. Sedangkan, kedai kopi modern menggunakan susu UHT. Perbedaan kedua susu tersebut berada pada kekentalan dan rasa manis yang dihasilkan.

Kopitiam - Image from internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Alat pembuat kopi ini juga menarik. Owner Ya Kun Kaya Toast Indonesia Lanny Budiman ditemui di acara peluncuran varian makanan dan minuman bar di Ya Kun Kaya Toast Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (1/8/2019) menyebutkan hal yang paling membedakan kopitiam dengan kedai kopi modern adalah alat pembuat kopinya.

Apabila kedai kopi modern mengandalkan mesin pembuat kopi modern, maka kopitiam menggunakan alat tradisional berupa teko berukuran besar dengan leher panjang. Teko ini dilengkapi dengan saringan tradisional untuk menyaring ampas kopi.

Tak hanya itu, pembuat kopi ini pun bukan sembarang orang atau barista yang sudah terlatih. Pembuat kopitiam ini biasanya adalah pemilik kopitiam sendiri yang sudah turun-temurun membuat kopi dan belajar secara otodidak. Tangan dan kecepatan pembuat kopi juga menentukan rasa dari kopitiam itu sendiri.

Kurang lengkap rasanya jika minum kopi tanpa makanan pendamping. Satu lagi ciri khas kopitiam adalah makanan pendamping yang lain dari yang lain. Kopitiam selalu didampingi oleh telur setengah matang dan roti panggang atau bakar dengan selai butter atau srikaya. Ada pula kedai yang menjual makanan pendamping berupa nasi lemak atau kwetiau goreng. (*)

Penulis : Yohana Intan
Editor : Nurul Diah

Terkait

Diserang Perwakilan AS untuk PBB, China Respon Begini...

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

AS Terus Salahkan China Atas Virus, China Siap Balas Jika Dirugikan

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kemenlu China: Pekerja Xinjiang Bukan Kerja Paksa

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Ungkap Rincian Visa BNO yang Kontroversial untuk Penduduk HK

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Hakim AS Tidak Setuju Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

 

logo clock 24-10-2020, 13:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral