Baca dalam 2 menit

Ini Dia "Kamera Mars" untuk Misi Mars ke-1 Tiongkok

Waktu Publish : 24 Jul 2020, 09:47 WIB
SHARE ARTIKEL

Prof Yung Kai-Leung Bersama Kamera Mars Ciptaannya - Image from SCMP

Hong Kong, Bolong.id - Probe Mars pertama Tiongkok Tianwen-1 diluncurkan pada Kamis (23/7/20), dengan Mars Surveillance Camera (Kamera Mars) yang dikembangkan oleh Hong Kong Polytechnic University (PolyU).

Menurut PolyU, Kamera Mars adalah salah satu instrumen utama di pesawat ruang angkasa Mars. Terletak di permukaan atas luar platform pendarat Mars, Kamera Mars akan memonitor status pendaratan, lingkungan sekitar dan pergerakan rover (penjelajah), dan status panel surya dan antena.

Informasi ini penting untuk keberhasilan pergerakan Mars Rover ke permukaan Mars.

Prof Yung Kai-leung dan timnya memproduksi dan kembangkan Kamera Mars untuk Misi Mars Ke-1 - Image from PolyU Edu


Dipimpin oleh Yung Kai-leung, profesor PolyU di bidang teknik presisi, tim peneliti yang beranggotakan 20 orang tersebut berhasil menyelesaikan dan mengirimkan Kamera Mars.

Presiden PolyU Jin-Guang Teng mengatakan, "Kami merasa sangat terhormat mengambil bagian dan berkontribusi pada misi bersejarah ke Mars. Sebagai satu-satunya lembaga pendidikan ternama di Hong Kong yang berpengalaman dalam misi luar angkasa internasional, PolyU berharap dapat berkontribusi lebih banyak pada proyek eksplorasi luar angkasa nasional di masa yang akan datang. "

PolyU telah berkontribusi pada proyek luar angkasa sejak 2010. Sebagai bagian dari program eksplorasi bulan, Yung bekerja sama dengan Akademi Teknologi Ruang Angkasa Tiongkok untuk mengembangkan "Camera Pointing System" untuk Chang'e-3 pada 2013 dan Chang'e -4 untuk pendaratan bersejarah di sisi jauh bulan di 2019. (*)



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong