Baca dalam 3 menit

Kakek Usia 63 Tahun Ini Jadi Influencer Top di YouTube

Waktu Publish : 16 Jul 2020, 10:41 WIB
SHARE ARTIKEL

Grandpa Amu (阿木爷爷) sedang melakukan aktivitas pertukangannya - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Sichuan, Bolong.id - Keterampilan pertukangan tradisional kakek asal Tiongkok berusia 63 tahun ini menyenangkan puluhan juta pemirsa YouTube saat ia membangun perabotan kayu tanpa lem, sekrup atau paku.

Dialah tukang kayu Tiongkok, Wang Dewen (王德文), yang lebih dikenal sebagai "Grandpa Amu (阿木爷爷)" di YouTube dijuluki sebagai Lu Ban (鲁班) modern, yakni seorang insinyur struktur Tiongkok yang terkenal pada masa Dinasti Zhou karena pengetahuan pertukangannya yang luas.

Video yang paling populer, yang menunjukkan dia membuat jembatan lengkung kayu yang fantastis beredar di platform, mendapatkan lebih dari 42 juta penonton.

Grandpa Amu (阿木爷爷) mengikuti teknik mortise dan tenon Tiongkok kuno, yang berarti tidak menggunakan paku atau lem dalam seluruh proses pembangunan jembatan lengkung. Grandpa Amu (阿木爷爷) juga membuat beberapa mainan kayu untuk cucunya menggunakan teknik yang sama. Dia menciptakan bangku lipat yang tampak seperti paviliun Tiongkok dari Shanghai Expo 2010. "Sebatang kayu berubah menjadi bangku. Jenius!" komentar pengguna YouTube bernama Rey Rey di bawah video tersebut.

Di antara semua item, Peppa Pig dan mainan meniup gelembung adalah favorit cucunya. Ahli tukang kayu sejauh ini menarik lebih dari 1,18 juta pelanggan di YouTube. Grandpa Amu (阿木爷爷) menegaskan bahwa dia bukan selebritas internet tetapi hanya petani biasa.

Menyebarkan Budaya Tiongkok ke Dunia

Li Ziqi (李子柒), Salah Satu Influencer Youtube Tiongkok - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.


Li Ziqi (李子柒), yang tinggal di sebuah desa indah di Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya pun telah membuat namanya terkenal dengan membuat berbagai masakan Tiongkok di YouTube sejak 2016.

Dalam videonya, ia dengan anggun bekerja sebagai petani, mengesankan pemirsa dengan pemahamannya mengenai makanan, alam, dan budaya Tiongkok sambil menunjukkan pesona budaya Tiongkok dalam setiap detail kehidupan sehari-hari.

Keterampilannya dalam mengolah masakan dan gaya hidup pedesaan Tiongkok telah menarik 11,1 juta pelanggan di YouTube. Sama seperti Li Ziqi (李子柒), Grandpa Amu (阿木爷爷) juga mencoba menyebarkan teknik Tiongkok yang unik kepada dunia.

Putra dan menantu Grandpa Amu (阿木爷爷) sekarang bekerja penuh waktu di videonya, berharap popularitas saluran tersebut akan membantu penduduk desa setempat agar lebih baik dalam menjual hasil pertanian mereka. Menantunya membuat video tersebut bertujuan membawa budaya pedesaannya kepada orang lain dan membiarkan orang lain belajar mengenai teknik Tiongkok kuno.(*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong