Baca dalam 3 menit

Patung Michael Jackson Diresmikan di Beijing

Waktu Publish : 31 Aug 2020, 14:43 WIB
SHARE ARTIKEL

Penggemar Michael Jackson di Tiongkok berpose dengan patung Michael Jackson - Image from GT

Beijing, Bolong.id - Dilansir dari Global Times, Minggu (30/8/2020) patung legenda musik AS Michael Jackson diresmikan di pusat bisnis Beijing pada Sabtu (29/8/20). Ratusan penggemar MJ Tiongkok, dari yang berusia 50-an hingga remaja, melihat patung emas seukuran aslinya.

Pengungkapan tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Penggemar MJ Tiongkok untuk merayakan ulang tahun ke-62 mendiang idola tersebut. Upacara ini menampilkan para penggemar menari mengikuti single terkenal penyanyi tersebut, pidato dari ketua asosiasi untuk asosiasi penggemar, serta grand final yang sangat dinantikan, di mana patung itu diungkapkan oleh enam penggemar selama upacara.

Patung yang dibuat dengan menggunakan teknologi cetak 3D itu didanai oleh para penggemar Jackson di Tiongkok. Tingginya 1,8 meter dan berat 100 kilogram.

Desain patung itu terinspirasi dari patung resmi di sampul album Jackson History dan kostum bintang di konser Rumania.

Meski ikon pop AS hilang, musiknya tetap menjadi warisan yang masih menginspirasi penggemar Tiongkok. Penggemar Tiongkok di acara tersebut mengungkapkan kekaguman mereka terhadap bintang tersebut.

"Sebagai Maimi (penggemar Michael), saya akan selalu mengikutinya, musiknya membuat saya menjadi orang yang percaya diri," ujar seorang penggemar berusia awal 20-an.

"Musik Michael menginspirasi saya, saya beruntung lahir seusia dengan Michael Jackson," kata donatur utama di balik pembuatan patung itu.

Penggemar lintas generasi menghadiri upacara pembukaan tersebut. Seseorang yang mengambil foto patung tersebut mengatakan kepada Global Times pada Sabtu (29/8/20) bahwa dia berusia 57 tahun, sementara dua gadis remaja membawa buku pelajaran sekolah mereka ke acara tersebut.

Beberapa penggemar telah membawa anak-anak mereka ke acara untuk memperkenalkan ikon pop kepada generasi berikutnya.

Di saat pertukaran politik antara Tiongkok dan AS sedang tegang, pembukaan patung di Beijing melambangkan bahwa pertukaran budaya antara kedua negara masih tetap informatif dan ramah.

Salah satu anggota asosiasi mengatakan pada Minggu (30/8/20) bahwa patung itu akan tinggal di Beijing selama tiga bulan demi menawarkan kesempatan kepada penggemar Tiongkok untuk memberikan penghormatan kepada idola tersebut.

Selain Beijing, empat patung Jackson lainnya terungkap di empat kota lain pada waktu yang sama, termasuk Xi'an di Provinsi Shaanxi Tiongkok Barat Laut dan Nanning, ibu kota Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok Selatan.

"Kami memberikan rasa hormat kami dalam banyak hal kepada para seniman yang telah memberikan kontribusi besar bagi peradaban manusia, dan membuat patung mereka adalah salah satu metodenya," ujar Zhang Rui, Kepala Asosiasi dalam sebuah pernyataan yang dikirim. (*)



Terkait

culture

SEJARAH: Tahun 1991 Patung Soong Ching Ling Selesai Dibangun...

  • Lupita
  • 03 Apr 2021

culture

Ada Patung di Dasar Laut Prancis

  • Djono W. Oesman
  • 30 Mar 2021

news

Hampir Seabad, Patung Kepala Buddha yang Hilang Ditemukan

  • Visco Joostensz
  • 13 Feb 2021

Culture

Peneliti Ungkap Metode Produksi Patung Terakota

  • Lupita
  • 20 Dec 2020

Culture

Harta Karun Old Summer Palace China telah Kembali

  • Isna Fauziah
  • 02 Dec 2020

culture

Pameran Patung Walking Men Hubungkan China dan Dunia

  • Isna Fauziah
  • 20 Nov 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong