Kurator: Pameran Karya Monet di Shanghai Akhiri Pandemi COVID-19

logo clock 3 Menit logo clock 23-09-2020, 17:04

Pameran Monet - Image from China Daily

Shanghai, Bolong.id - Kepala kurator pameran lukisan di Shanghai, Tiongkok yang menampilkan karya  pelukis terkenal  impresionis Prancis Claude Monet telah berbicara tentang signifikansi budaya pertunjukan tersebut dalam konteks pandemi COVID-19.

Menyusul pembukaan mahakarya Monet "Impression, Sunrise" di Bund One Art Museum pekan lalu, Marianne Mathieu, Direktur Ilmiah Museum Marmottan-Monet di Paris, mengatakan dalam wawancara eksklusif dengan Xinhua bahwa pertunjukan tersebut adalah peristiwa bersejarah dan yang penuh dengan signifikansi simbolis, mengingat krisis kesehatan global saat ini.

Mathieu melakukan perjalanan ke Tiongkok khusus untuk pameran, menjadi delegasi budaya Prancis pertama yang mengunjungi Tiongkok sejak gangguan perjalanan internasional karena pandemi COVID-19.

"Saya tidak hanya menyaksikan pameran pertama 'Impression, Sunrise' di Tiongkok dalam 150 tahun terakhir," katanya, "tetapi juga secara pribadi mengalami persatuan dan keberanian Prancis dan Tiongkok dalam menerobos kabut epidemi dengan 'Impression, Sunrise'."

Pameran Monet Bawa Secercah Harapan di Masa Kelam - Image from China Daily

Mathieu meninggalkan Paris pada awal September 2020 dan menjalani karantina selama 14 hari setibanya di Shanghai, sesuai dengan peraturan Tiongkok.

Ia mengatakan hotel tempat ia dikarantina terletak di pinggiran kota Shanghai, dan setiap pagi, saat melihat melalui jendela, dia bisa melihat sawah, kabut, dan burung bangau.

"Ini mengingatkan saya pada kreasi Monet tentang 'Impression, Sunrise' dari jendela, menggenggam erat matahari terbit dari kabut. Ini memberi saya perasaan yang sangat baik tentang masa depan," kata kurator.

Segera setelah Mathieu menyelesaikan masa karantina pada 15 September 2020, dia mengabdikan dirinya untuk mempersiapkan pameran. Dia memeriksa setiap detail dan secara pribadi membantu menempatkan harta nasional Prancis di tengah aula pameran berbentuk huruf U.

“Sebagai kurator, Anda harus datang ke tempat kejadian dan secara pribadi meletakkan alur narasi pameran. Ini bukan hanya karena tanggung jawab pameran, tetapi juga untuk menghormati penonton,” ujar Mathieu.

"Impression, Sunrise" diciptakan pada 1872, dan menurut Mathieu, hal itu merepresentasikan awal baru dalam dunia seni, yang berdampak subversif pada lukisan Prancis.

Pameran ini dijadwalkan berlangsung dari 16 September 2020 hingga 3 Januari 2021. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Museum Istana China Bawa Pengunjung Rasakan Sensasi VR

 

logo clock 21-10-2020, 15:08
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Seniman Tafsirkan Ulang 'Decameron' untuk Zaman Modern

 

logo clock 21-10-2020, 14:34
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Seniman Tafsirkan Ulang 'Decameron' untuk Zaman Modern

 

logo clock 21-10-2020, 13:45
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pegunungan Putih Abadi China Jadi Subjek Favorit Para Pelukis

 

logo clock 21-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China Terbitkan Buku 'Perang, Tolak Agresi AS dan Bantu Korea'

 

logo clock 21-10-2020, 13:12
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral