Baca dalam 3 menit

Hari Ini 53 Tahun Lalu, TV Broadcasting Company Limited Hong Kong Mengudara

SHARE ARTIKEL

TVB - Image from NetEase

Hong Kong, Bolong.id - Hari ini, 53 tahun yang lalu, 19 November 1967 (18 Oktober kalender lunar), TV Broadcasting Co., Ltd. mulai mengudara di Hong Kong.

Television Broadcasts Limited (TVB dalam singkatan bahasa Inggris; Bursa Efek Hong Kong: 0511, OTCBB: TVBCY), didirikan pada 19 November 1967. Karena perusahaan ini adalah stasiun TV pertama di Hong Kong yang memperoleh lisensi TV nirkabel gratis, ia juga dikenal sebagai "TVB Hong Kong" dan selanjutnya disebut sebagai "Nirkabel". Ini adalah TVB nirkabel yang berdampak besar pada masyarakat Hong Kong selama setengah abad.

Saat ini, Wireless TVB telah mencapai usia mengetahui takdir, namun ini bukanlah stasiun TV pertama di Hongkong. Stasiun TV pertama di Hong Kong adalah "Lie De Ying Sheng". Berdiri pada 1957, yaitu Hong Kong Asia Television (ATV, Pendahulu ATV, stasiun TV tertua di Hong Kong dan mantan saingan Wireless TVB, telah berhenti mengudara pada tahun 2016, dan bahkan belum mencapai ulang tahun ke-60.

TVB didirikan oleh Li Xiaohe, Qi Dezun, Run Run, dan saluran TV gratisnya, Jade Channel, telah berada di posisi terdepan sejak diluncurkan dan merupakan bagian penting dari budaya populer Hong Kong. Selain itu, program nirkabel (terutama drama TV) yang sebagian besar akrab bagi masyarakat Tiongkok di mana-mana, bahkan menyebar ke wilayah Asia Tenggara lainnya, menjadi jendela pemahaman budaya Hong Kong.

Meski sebagai stasiun TV yang komprehensif, TVB menghasilkan puluhan ribu jam berita, variety show, dan program lainnya setiap tahun, sekitar 700 episode serial TV over-the-air selalu menjadi fokus perhatian. Jika bicara mengenai TVB, orang pertama-tama memikirkannya bahwa TVB ini menghasilkan sejumlah besar serial TV.

Dimulai dengan TV gratis di Hong Kong, Wireless TVB hanya memiliki sekitar 200 karyawan. Sejak perkembangannya, bisnis Wireless TVB telah menyebar ke seluruh dunia, dan telah terlibat dalam distribusi program, TV berbayar, musik, film, penerbitan, dan industri lainnya. Ini adalah salah satu penyedia program bahasa Mandarin terbesar di dunia, dengan lebih dari 4.500 karyawan penuh waktu dan omset pada 2007 Lebih dari HKD 4,3 miliar (Rp7,8 triliun). (*)

Terkait

culture

Hari Ini 53 Tahun Lalu, TV Broadcasting Company Limi

  • Isna Fauziah
  • 19 Nov 2020
Logo follow bolong