Universitas Tsinghua Tiongkok Capai Peringkat 20 Dunia

logo clock 3 Menit logo clock 03-09-2020, 15:15

Universitas Tsinghua - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

London, Bolong.id - Times Higher Education (THE) pada Rabu (2/9/20) mengumumkan bahwa Universitas Tsinghua Tiongkok menjadi universitas Asia pertama yang mencapai posisi 20 teratas dunia.

Menurut THE World University Rankings 2021, Universitas Tsinghua (peringkat ke-20) naik tiga peringkat sejak tahun lalu, dari 1.527 institusi.

Menjelang ‘puncak klasemen’, Universitas Peking (ke-23), Universitas Fudan (gabungan ke-70), Universitas Zhejiang, dan Universitas Shanghai Jiao Tong (ke-100) semuanya berhasil meningkatkan posisi mereka sejak tahun lalu. Ini telah menghasilkan rekor jumlah universitas di Tiongkok Daratan yang berada di peringkat 100 teratas sejak pemeringkatan dimulai.

Phil Baty, Chief Knowledge Officer (CKO) di THE, mengatakan kepada Xinhua bahwa tahun ini menandai tonggak penting, karena Tiongkok Daratan mengganggu dominasi tradisional universitas Barat di urutan teratas, menembus 20 besar untuk pertama kalinya, dan menggandakan perwakilannya di 100 teratas dibandingkan tahun lalu.

Tren positif untuk universitas di Tiongkok Daratan "tampaknya akan terus berlanjut, terutama saat kita menghadapi dampak pandemi COVID-19. Dengan kemungkinan penurunan arus siswa dan staf internasional di seluruh dunia dan kemungkinan tantangan pendanaan di antara sektor pendidikan tinggi yang mapan di Barat, kita dapat melihat Tiongkok, dan Asia secara lebih luas, dan kapitalis," katanya.

"Jika bakat lokal dari Tiongkok tetap tinggal di Tiongkok alih-alih melakukan migrasi tradisional ke lembaga elit Barat, khususnya di Amerika Serikat dan Inggris, kita dapat melihat awal dari penyeimbangan ulang yang dramatis dari ekonomi pengetahuan global," tambahnya.

Universitas Oxford Inggris mempertahankan posisi teratas selama 5 tahun berturut-turut. Edisi terbaru peringkat universitas menampilkan 18 negara dan wilayah yang terwakili dalam 100 teratas, dan 93 diwakili secara keseluruhan, yang menunjukkan bahwa persaingan geopolitik dalam ekonomi pengetahuan global semakin meningkat.

Pergeseran kekuasaan telah dicatat karena kualitas penelitian dari peringkat menengah Tiongkok Daratan dan universitas di AS (50 persen dari institusi peringkat menengah) mulai menyatu untuk pertama kalinya, menurut THE.

THE World University Rankings 2021 melihat 141 universitas memenuhi syarat untuk pertama kalinya. India memiliki total universitas debutan tertinggi dengan 14, diikuti oleh Amerika Serikat (13), Tiongkok daratan (10), Rusia dan Jepang (keduanya 9), dan Iran (8).

THE World University Rankings dipandang sebagai salah satu peringkat global paling seimbang dan komprehensif, dengan 13 metrik kinerja terpisah yang mencakup berbagai aktivitas inti untuk universitas penelitian intensif: pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Pemeringkatan tahun ini menganalisis lebih dari 86 juta sitasi di lebih dari 13,6 juta publikasi penelitian dan termasuk tanggapan survei dari 22.000 sarjana di seluruh dunia. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Zhao Lijian: China Tak Pernah Cari Musuh, Fokus Makmurkan Rakyat

 

logo clock 22-10-2020, 15:02
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kenang Semangat Perang Putera Mao Zedong 1950, Inspirasi bagi Pelajar Sekarang

 

logo clock 22-10-2020, 14:37
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Xi Jinping Serukan Hormati Pahlawan, Itu Energi Besar Peremajaan Bangsa

 

logo clock 22-10-2020, 14:22
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Perangi COVID-19, Kedubes China Sumbang Alat Bantu Napas ke Filipina

 

logo clock 22-10-2020, 14:09
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Terjadi Diskrimasi Terhadap Pelajar China, China Desak AS untuk Hentikan

 

logo clock 22-10-2020, 10:29
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral