18 Astronot China Dipilih untuk Misi Pembangunan Stasiun Luar Angkasa

logo clock 3 Menit logo clock 08-10-2020, 12:55

18 Astronot China Dipilih untuk Misi Pembangunan Stasiun Luar Angkasa - Image from GT

Sichuan, Bolong.id - Kantor Teknik Luar Angkasa Berawak Tiongkok (China Manned Space Engineering Office; CMSEO) mengungkapkan pengembangan berbagai modul stasiun luar angkasa Tiongkok, berjalan lancar. Dan, awak astronot telah dipilih untuk melaksanakan empat misi pembangunan stasiun luar angkasa, yang masing-masing berlangsung selama tiga hingga enam bulan.

Pihak CMSEO mengatakan, setiap awak memiliki tiga astronot yang kini menerima pelatihan misi. Mereka akan dipimpin astronot berpengalaman yang telah melakukan misi sebelumnya, China Youth Daily melaporkan pada Rabu (7/10/20).

Delapan belas astronot siaga, termasuk satu perempuan, telah dipilih dalam seleksi ketiga astronot siaga untuk proyek penerbangan luar angkasa berawak negara itu.

Sebanyak tujuh pilot, tujuh insinyur dan empat spesialis muatan telah dipilih. Insinyur dan spesialis muatan dipilih untuk pertama kalinya ke dalam tim astronot Tiongkok demi memenuhi persyaratan pembangunan stasiun luar angkasa.

Long March-5B - Image from GT

Pembangunan stasiun luar angkasa Tiongkok dimulai dengan penerbangan perdananya yang sukses dari roket pembawa (satelit) besar barunya, Long March-5B, pada Mei 2020.

Roket tersebut sebagian besar akan membawa kapsul stasiun luar angkasa Tiongkok dan wahana antariksa berukuran besar ke orbit rendah Bumi, menurut China Academy of Launch Vehicle Technology, Xinhua melaporkan.

Sesuai rencana, stasiun luar angkasa Tiongkok akan secara berturut-turut meluncurkan modul inti Tianhe, kapsul laboratorium I Wentian dan kapsul laboratorium II Mengtian, untuk merakit dan membangun konfigurasi dasar stasiun luar angkasa di orbit.

Sementara itu, empat wahana antariksa berawak Shenzhou dan empat wahana antariksa kargo Tianzhou akan diluncurkan untuk melakukan rotasi awak dan suplai kargo.

Pelatihan astronot telah sepenuhnya diubah menjadi persiapan untuk misi stasiun luar angkasa sejak Maret 2017, menurut CMSEO.

Tiongkok sedang dalam persiapan penuh untuk pembangunan stasiun luar angkasa, berusaha untuk menyelesaikan rencana konstruksi di orbit sekitar tahun 2022, untuk mencapai operasi stasiun luar angkasa yang stabil dalam jangka panjang, lapor media. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Baidu Berikan Tumpangan Gratis Uji Robotaxi di Beijing

 

logo clock 22-10-2020, 10:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Masukkan Teknologi Kuantum dalam Rencana Lima Tahun Ke-14

 

logo clock 22-10-2020, 10:11
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Hidupkan Pariwisata, Hong Kong Luncurkan Kampanye dengan Pengalaman VR

 

logo clock 21-10-2020, 11:12
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Jaringan 5G China Miliki Lebih Dari 600.000 Stasiun Pemancar

 

logo clock 19-10-2020, 14:20
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

World Young Scientist Summit 2020 Dibuka di China Timur

 

logo clock 19-10-2020, 11:53
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral