Baca dalam 3 menit

Baidu Berikan Tumpangan Gratis Uji Robotaxi di Beijing

Waktu Publish : 22 Oct 2020, 10:12 WIB
SHARE ARTIKEL

Robotaxis Baidu - Image from The Driven

Beijing, Bolong.id - Raksasa mesin pencarian Tiongkok, Baidu, telah meluncurkan layanan robotaxi "Apollo Go" di Beijing. Ini memungkinkan penumpang memanggil taksi otonom di aplikasi seluler Baidu Map.

Saat ini, pengguna dapat memesan test ride gratis di barisan taksi yang hanya ada di beberapa area di distrik hi-tech Haidian Barat Beijing dan Yizhuang Selatan. Selain itu, perjalanan harus diselesaikan di lokasi penjemputan dan pengantaran yang ditetapkan.

Jika seseorang masuk ke dalam mobil, dia mungkin menemukan seseorang duduk di kursi pengemudi, tetapi dia ada di sana demi alasan keamanan dan hanya akan menyetir mobil dalam keadaan darurat. Selain itu, mobil akan menyetir sendiri dan berhenti jika bertemu dengan pejalan kaki atau kendaraan lain.

"Robotaxis" ini diproduksi bersama oleh ahli AI di Baidu dan produsen mobil domestik FAW Hongqi. Dan robotaxi tidak akan menerima pesanan dalam cuaca buruk karena alasan keamanan.

Baidu Berikan Tumpangan Gratis Uji Robotaxi di Beijing - Image from CGTN


Lantas, bagaimana cara kerja robotaxis ini?

Dilansir dari CGTN, pakar Baidu mengatakan bahwa sebelum mobil tanpa pengemudi diizinkan meninggalkan garasi, ia harus dapat mendeteksi lingkungan sekitarnya. Perangkat seperti topi di atap mobil termasuk radar laser, yang digunakan untuk mendeteksi trotoar. Kamera pada bodi mobil digunakan untuk mendeteksi lampu lalu lintas dan rambu jalan, dan sonar digunakan untuk mencari mobil lain di sekitarnya. Ini adalah kondisi dasar yang diperlukan agar mobil tanpa pengemudi tetap melaju.

Penggerak otonom telah menjadi salah satu prioritas investasi bagi perusahaan Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir. Dan itu juga merupakan orientasi pengembangan utama industri presisi tinggi Tiongkok, karena Beijing sedang membangun zona uji mengemudi otonom tingkat tinggi pertama di dunia, yang bisa jadi gaya mengemudi masa depan. (*)

Terkait

technology

Beijing Tingkatkan Jarak dalam Tes Swakemudi

  • Isna Fauziah
  • 20 Nov 2020

technology

Shanghai Menetapkan Jalan Terbuka Perkotaan Untuk Pengujian ...

  • Dwi
  • 14 Jul 2020

technology

Perusahaan Kendaraan Otonom Tiongkok, WeRide, Memulai Tes Mo...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 11 Jul 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong