Jalur KA Qinghai-Tibet Lintasi Tanah-Es Abadi, Dijuluki Keajaiban Teknik Pembangunan

logo clock 4 Menit logo clock 06-10-2020, 10:37

Kereta Api Qinghai-Tibet - Image from Getty

Kereta Api Qinghai-Tibet - Image from Sina

Qinghai, Bolong.id - Kereta Api Qinghai-Tibet atau Qingzang (青藏铁路) menghubungkan Tibet dengan seluruh wilayah Tiongkok. Melintasi wilayah yang sulit dilewati. Yakni, campuran tanah dan es abadi, melintas di ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut, oksigen yang tipis.

Dilansir dari CGTN, pembangunan KA Qinghai-Tibet adalah keajaiban teknik pembangunan. Berikut ini keistimewaannya:

Delapan kali rekor dunia

Membentang lebih dari 2.000 kilometer, kereta api telah membuat delapan rekor dunia. Konstruksi dimulai pada 1958 dan selesai 2006, menggunakan konsep teknik yang inovatif.

Proyek teknik terbesar Tiongkok abad 21

Dikenal sebagai salah satu proyek teknik terbesar Tiongkok pada abad ke-21, Kereta Api Qinghai-Tibet mencetak rekor sebagai jalur terpanjang yang melintasi area beku. Lebih dari 550 kilometer rel kereta api dibangun di atas permafrost (ibun abadi), campuran tanah dan es yang tetap membeku setidaknya selama dua tahun. Karena air membentang di musim dingin dan menyusut di musim panas, hal itu mengancam stabilitas landasan jalan - fondasi rel kereta api.

Dengan mengikis tanggul dan memasang pipa ventilasi di bawah landasan jalan demi memberikan stabilitas termal untuk permafrost, para insinyur Tiongkok berhasil memecahkan masalah tersebut.

Di beberapa peregangan, kereta berkecepatan tinggi berjalan di rel yang ditinggikan. Rel diletakkan di jembatan, dengan dermaga ditempatkan di bawah tanah. Ini menghindari kontak langsung antara trek dan permafrost.

Ketinggian hampir 5.000 meter

Di ketinggian hampir 5.000 meter, Terowongan Fenghuoshan adalah terowongan tertinggi di dunia yang dibangun di atas lapisan es. Merupakan bagian proyek yang paling menantang selama pembangunan Kereta Api Qinghai-Tibet.

Sekitar 85 persen dari Jalur Kereta Qinghai-Tibet berada lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut.

Kerap kekurangan oksigen

Kekurangan oksigen menjadi tantangan lain. Pekerja membawa tangki oksigen seberat 10 kilogram saat menyelesaikan konstruksi. Lebih dari 110 fasilitas medis dibangun di sepanjang rel kereta api dengan lebih dari 600 staf medis untuk merawat para pekerja.

Melindungi ekosistem yang rapuh

Melindungi ekosistem yang rapuh juga menjadi perhatian utama para insinyur. Kereta api berjalan melintasi Cagar Alam Nasional Hoh Xil dan beberapa cagar alam lainnya, di mana banyak tumbuhan dan hewan langka hidup, termasuk antelop Tibet yang terancam punah. Sebanyak 33 lorong dibangun di sepanjang rel kereta api agar satwa liar dapat menyeberang dengan aman.

Mendorong perkembangan ekonomi

Kereta Api Qinghai-Tibet telah mendorong perkembangan ekonomi dan sosial di Provinsi Qinghai dan Daerah Otonomi Tibet, dan membuat perjalanan lebih nyaman di seluruh negeri. Pembangunannya menunjukkan ketekunan Tiongkok. (*)



Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Zhao Lijian: China Tak Pernah Cari Musuh, Fokus Makmurkan Rakyat

 

logo clock 22-10-2020, 15:02
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kenang Semangat Perang Putera Mao Zedong 1950, Inspirasi bagi Pelajar Sekarang

 

logo clock 22-10-2020, 14:37
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Xi Jinping Serukan Hormati Pahlawan, Itu Energi Besar Peremajaan Bangsa

 

logo clock 22-10-2020, 14:22
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Perangi COVID-19, Kedubes China Sumbang Alat Bantu Napas ke Filipina

 

logo clock 22-10-2020, 14:09
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Terjadi Diskrimasi Terhadap Pelajar China, China Desak AS untuk Hentikan

 

logo clock 22-10-2020, 10:29
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral