Baca dalam 3 menit

Uji Massal Temukan Lebih dari 700 Unta Hamil

Waktu Publish : 28 Nov 2020, 14:28 WIB
SHARE ARTIKEL

Seorang peternak dengan untanya di kabupaten Keping, wilayah otonom Xinjiang Uighur, China Barat Laut, 11 Nov 2020 - Image from China Daily

Urumqi, Bolong.id - Tes kehamilan ultrasonografi massal pertama pada unta di wilayah otonom Xinjiang Uighur baru-baru ini dilakukan pada 1.700 unta betina di taman budidaya unta di wilayah Jeminay, Tiongkok.

Tes, yang diselenggarakan bersama dan dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan Sekolah Tinggi Kedokteran Hewan Universitas Pertanian Xinjiang, dimulai pada pertengahan Oktober 2020. Setelah lebih dari 20 hari pengujian, lebih dari 700 unta ditemukan bunting.

Ma Wanpeng, seorang peneliti di perguruan tinggi tersebut, mengatakan tes tersebut dapat mendeteksi kehamilan dan tahapan kebuntingan secara tepat waktu, memungkinkan betina bunting dikelompokkan bersama untuk mendapatkan makanan yang ditargetkan. Ini juga memungkinkan upaya segera untuk menmbuntingi mereka yang belum bunting, yang tidak hanya memastikan tingkat kelahiran unta muda yang sehat tetapi juga membantu mengendalikan biaya pembiakan.

"Unta-unta itu sangat besar sehingga kami perlu membawa peralatan ultrasound portabel di punggung kami dan memindahkan probe perlahan di atas perut mereka untuk mencari plasenta dan mendeteksi cairan ketuban," kata Ma. "Untuk mencegah unta menyerang orang, kami merancang dan membangun kerangka untuk menahan mereka di tempatnya.”

"Selain itu, pengujian ultrasonografi memungkinkan deteksi dini beberapa penyakit pada unta sehingga bisa diobati tepat waktu."

Setelah tes berakhir awal bulan ini, taman tersebut membagi unta betina menjadi beberapa kelompok berdasarkan hasil.

Dulu, penentuan unta bunting hanya mengandalkan pengalaman penggembala, yang sering kali menghasilkan kesalahan. Karena siklus perkembangbiakan lebih dari 13 bulan, unta yang bunting mudah mengalami keguguran jika metode pengujian ilmiah tidak digunakan, dan hal itu dapat menyebabkan kesulitan untuk kebuntingan di masa mendatang.

"Sekarang, kami telah memperkenalkan dan menyediakan pengujian bagi para penggembala lokal, dan banyak dari mereka yang terkejut dengan teknologinya, jadi kami yakin aplikasi pengukuran pengujian ini di masa mendatang sangat menjanjikan," kata anggota staf taman Ma Yingjun.

Pemerintah kabupaten mengatakan sedang membangun rumah sakit unta, yang diharapkan akan selesai tahun depan. (*)

Banner Kanan
Logo follow bolong