Baca dalam 3 menit

Vaksin COVID-19 '90% Efektif ' Segera Tersedia di China

SHARE ARTIKEL

Fosun - Image from SCMP

Beijing, Bolong.id - Kandidat vaksin COVID-19 produk perusahaan raksasa Tiongkok, Fosun, bersama mitra asing Pfizer dan BioNTech "90 persen efektif," kata Ketua Fosun, Guo Guangchang Senin (9/11/20).

Dalam posting WeChat Senin malam (9/11/20) waktu setempat, Guo mengatakan, bahwa efektif hingga 90 persen, jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Ini sebanding dengan efektivitas 70 persen suntikan flu rata-rata dan minimal 50 persen diperlukan untuk persetujuan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, tulis postingan Guo.

Berita tersebut memberikan dorongan besar bagi pasar global. Saham AS dibuka menguat tajam pada hari Senin (9/11/20). Dow dibuka naik 4 persen menjadi mendekati 30.000 poin, mencapai level tertinggi sepanjang masa. Indeks S&P 500 dengan cepat memperpanjang kenaikannya untuk mencapai rekor baru, dan 50 menit setelah pembukaan NASDAQ juga menyentuh level tertinggi baru.

Saham Eropa merangkul reli besar-besaran, sementara A50 berjangka Tiongkok juga membukukan kenaikan penting.

Memuji vaksin sebagai kemenangan bagi sains dan kerja sama global, Guo mengatakan dalam postingannya di WeChat bahwa "hari ini adalah tonggak sejarah yang menandai awal kemenangan dalam pertempuran melawan COVID-19."

Dilansir dari Global Times, konglomerat yang berbasis di Shanghai akan menjaga komunikasi yang erat dengan otoritas pengatur dan perizinan, dan berharap penelitian dan pengujian yang sedang berlangsung akan menunjukkan bahwa vaksin tersebut sesuai dengan undang-undang Tiongkok dan akan tersedia secepat mungkin, tulis Guo. (*)

Terkait

health

Vaksin COVID-19 '90% Efektif ' Segera Tersedia di Ch

  • Isna Fauziah
  • 10 Nov 2020
Logo follow bolong