Pakar: Sekarang Daging, Telur, Ikan, dan Makanan Laut di Semua Pusat Perbelanjaan Aman Untuk Dibeli

logo clock 3 Menit logo clock 27-06-2020, 12:54

Daging, Telur, Ikan, dan Makanan Laut di Pasar Aman Dibeli - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id – Wang Guiqiang (王贵强), direktur Departeman Infeksi, Rumah Sakit Pertama Universitas Peking (北京大学第一医院) mengatakan bahwa daging, telur, ikan, dan makanan laut di pusat perbelanjaan Beijing sekarang dapat dibeli dan dimakan dengan aman. Namun, konsumen masih harus memperhatikan kebersihan dalam proses pengolahan makanan dan pemisahan antara bahan mentah dan makanan yang dimasak. Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers ke-132 untuk pencegahan dan pengendalian pandemi yang diadakan oleh Kantor Informasi Pemerintah Kota Beijing pada Kamis sore (25/6/2020).

Melansir CCTV News, dalam konferensi pers tersebut, Wang Guiqiang (王贵强) juga menyampaikan bahwa jalan utama penularan infeksi virus COVID-19 adalah melalui transmisi droplet atau tetesan dan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Sejauh ini, virus COVID-19 menyerang saluran pernapasan dan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa virus COVID-19  dapat menginfeksi dan menyebar melalui saluran pencernaan yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Sehingga, risiko terinfeksi virus COVID-19 melalui transmisi saluran pencernaan sangat rendah.

Meskipun begitu, Wang Guiqiang (王贵强) menekankan agar semua orang harus memperhatikan perlakuan khusus pada proses membeli, mengolah, dan mengonsumsi bahan makanan, termasuk daging, telur, ikan dan lainnya. Sebab penyakit saluran pencernaan datang dari makanan yang masuk ke dalam mulut. Apalagi saat ini sedang memasuki musim panas, karena dalam cuaca yang panas, berbagai bakteri sangat mudah untuk berkembang biak, sehingga infeksi penyakit lain pada saluran pencernaan juga memiliki risiko yang tinggi.

Untuk meminimalisir risiko tersebut, setelah membeli makanan, makanan harus dicuci dan dibersihkan dengan baik, kemudian dipisahkan antara bahan makanan mentah, seperti sayuran dan daging dengan makanan yang telah dimasak matang, dan pisahkan juga makanan dari peralatan memasak seperti talenan dan pisau untuk menghindari kontaminasi penyebaran penyakit saluran pencernaan pada hidangan makanan. Perlu diperhatikan juga, walau tidak ada bukti virus COVID-19 dapat menular melalui makanan, kewaspadaan tetap harus diterapkan dan yang terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan yang dimasak, karena mengonsumsi makanan mentah, terutama daging atau ikan dan makanan laut lainnya memiliki risiko lebih tinggi dalam menyebarkan virus COVID-19 atau penyakit menular lainnya.*




Penulis : Dwi
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Lembaga Brazil Impor Vaksin COVID-19 China yang Semula Ditolak Presiden Bolsonaro

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China Punya 220.000 Institusi Layanan Rawat Lansia

 

logo clock 24-10-2020, 12:36
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pacar Cuek? Ini Tipsnya

 

logo clock 23-10-2020, 13:30
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Ngeri... Inggris Akan Uji Vaksin, Lalu Relawan Sengaja Ditulari COVId-19

 

logo clock 23-10-2020, 13:14
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Setelah Corona, Norovirus Muncul. Bahaya, Tidak? Cek Faktanya...

 

logo clock 23-10-2020, 12:54
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral