Gimana Sih Cara Festival Perahu Naga (Peh Cun) Dirayakan di Seluruh Dunia?

logo clock 3 Menit logo clock 27-06-2020, 09:36

Festival Gangneung Danoje di Korea - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Festival Perahu Naga atau yang dikenal sebagai Festival Duanwu(端午节)adalah salah satu festival tradisional utama Tiongkok yang biasanya dirayakan pada hari kelima bulan kelima kalender lunar Tiongkok selama ribuan tahun. 

Untuk merayakan festival ini, biasanya orang Tiongkok akan makan zongzi(粽子)atau bakcang dan mengadakan perlombaan perahu naga. Selain di Tiongkok, negara-negara Asia seperti Singapura, Korea Selatan, Jepang, Vietnam, dan Indonesia yang juga merayakan festival ini dengan berbagai kegiatan dan kebiasaan yang dipengaruhi oleh budaya tradisional Tiongkok. Bahkan festival ini kini telah diperkenalkan ke negara-negara di Eropa dan Amerika oleh imigran Tiongkok. Rekan Bolong penasaran bagaimana festival ini dirayakan di berbagai negara di dunia? Simak yuk ulasan berikut ini.

Jepang: Hari Anak Laki-Laki
Salah satu festival besar di Tiongkok ini diperkenalkan ke Jepang setelah periode Heian (794–1185) dengan sebutan Tango no Sekku. Orang Jepang merayakan festival ini dengan makan kashiwamochi dan minum anggur calamus untuk menangkal roh jahat. Karena kata "calamus" dan frasa yang berarti "kekuatan advokat" adalah homofon dalam bahasa Jepang, festival ini dianggap sebagai festival untuk anak laki-laki di Jepang. Adanya festival ini diharapkan anak laki-laki di Jepang dapat tumbuh kuat dan sehat semasa hidupnya.

Singapura: Perlombaan Perahu Naga secara Virtual

Orang Singapura yang sebagian besar adalah pendatang dari Tiongkok ini biasanya memakan zongzi (粽子) dan mengadakan perlombaan perahu naga untuk merayakan festival ini. Biasanya perlombaan diadakan di East Coast Park Singapura setiap tahunnya. Khusus tahun ini, festival perahu naga di Singapura akan dilakukan dengan cara yang berbeda akibat pandemi COVID-19. Perlombaan perahu naga yang diselenggarakan oleh Dragon Boat Innovate bernama Dragon Boat Challenge 2020 akan diselenggarakan secara virtual. Sejumlah tim beranggotakan enam orang akan bersaing dalam serangkaian tugas fisik dan tantangan mental dalam kompetisi virtual yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (27/6/20).

Korea Selatan: Festival Gangneung Danoje

Festival Duanwu Tiongkok diadopsi selama Dinasti Joseon (1392-1897) di Korea dengan nama Festival Gangneung Danoje. Penduduk setempat merayakan festival ini dengan serangkaian kegiatan seperti melempar pot, gulat, kompetisi taekwondo, dan pertandingan sepak bola dengan harapan agar panen berjalan dengan baik, selalu sehat dan bahagia.

Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Jerman: Balap Perahu Naga
Selain negara-negara Asia, Amerika Serikat, Kanada dan negara-negara Eropa seperti Jerman juga merayakan Festival Duanwu berupa perlombaan perahu naga. Selain perlombaan kompetitif, festival ini juga mencakup berbagai kegiatan budaya seperti konser. Perkembangan tradisi ini begitu cepat sehingga menghasilkan pengikut internasional yang besar dengan munculnya banyak asosiasi dan klub.*



Penulis : Vio
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Seni Lukis Buluh Tampilkan Keindahan Lahan Basah Panjin

 

logo clock 19-10-2020, 14:32
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Harta Karun Zaman Neolitik China Dipamerkan di Beijing

 

logo clock 19-10-2020, 14:27
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Ibu Kota Keramik China Berubah Jadi Masa Depan Modern

 

logo clock 19-10-2020, 11:52
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Seniman China Menangkan Kompetisi Lukis di Madrid

 

logo clock 19-10-2020, 11:50
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pameran Makanan China-ASEAN Pamerkan Makanan Khas Setempat

 

logo clock 19-10-2020, 11:08
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral