Baca dalam 3 menit

Mengapa Hong Kong Begitu Penting Bagi Tiongkok?

Waktu Publish : 22 Jun 2020, 21:11 WIB
SHARE ARTIKEL

Bendera Hong Kong - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Hong Kong, Bolong.id - Hong Kong adalah sebuah wilayah bekas koloni Inggris yang menerapkan prinsip "satu negara, dua sistem" sejak tahun 1997 silam. Prinsip tersebut menjadikan Hong Kong memiliki hak-hak istimewa yang tidak dimiliki daerah lain di Tiongkok. Hak-hak istimewa tersebut meliputi adanya pemerintahan sendiri, hak pemilihan terbatas, hak penggunaan mata uang sendiri, dan sistem hukum yang mayoritas bersifat independen.

Baru baru ini, pemerintah Tiongkok berencana untuk menetapkan Undang-Undang Keamanan Nasional untuk Hong Kong yang mana akan mempengaruhi status khusus Hong Kong di Tiongkok maupun di dunia. Sebenarnya apa yang menjadi alasan Tiongkok sampai harus melakukan banyak intervensi di Hong Kong? Mengapa Hong Kong begitu penting bagi Tiongkok?

Pertama, Hong Kong memiliki akses yang bebas untuk melakukan kegiatan ekonomi ke negara manapun. Keunggulan ini membuka peluang bagi para investor maupun perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di perusahaan internasional. Selain itu, diprediksikan akan lebih banyak perusahaan asing yang bisa menjual saham dalam Initial Public Offering (IPO) kepada investor di Tiongkok daratan melalui pencatatan di Bursa Hong Kong.

Kedua, status Hong Kong sebagai pusat keuangan dan bisnis global juga membantu Tiongkok mempromosikan penggunaan mata uang, RMB atau yuan Tiongkok secara global. Menurut data dari Bank for International Settlements (BIS), Hong Kong adalah pasar terbesar di dunia untuk transaksi valuta asing yang melibatkan yuan Tiongkok.

Ketiga, perusahaan-perusahaan Tiongkok yang memperluas investasi mereka di luar negeri akan memperoleh keuntungan jika aliran uang tersebut dialihkan melalui Hong Kong karena adanya peraturan istimewa di wilayah tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya data dari Biro Statistik Nasional Tiongkok yang menyatakan bahwa Hong Kong memiliki jumlah investasi yang tumbuh secara substansial selama bertahun-tahun.

Terakhir, Hong Kong memiliki peran yang sangat penting untuk memfasilitasi perdagangan Tiongkok, apalagi ketika terjadi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Hal ini dikarenakan Hong Kong memiliki hak-hak tertentu termasuk pembebasan tarif tinggi yang dikenakan AS terhadap Tiongkok dalam perang dagang. Meski kini hak-hak tersebut tidak akan berlaku lagi karena AS telah mencabut status istimewanya terhadap Hong Kong.

Terkait

news

Selandia Baru Tangguhkan Perjanjian Ekstradisi dengan Hong K...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 29 Jul 2020

news

Konferensi Pers Duta Besar Tiongkok Untuk ASEAN (1): Latar B...

  • Yohana Intan
  • 16 Jul 2020

news

Konferensi Pers Duta Besar Tiongkok Untuk ASEAN (2): Proses ...

  • Yohana Intan
  • 16 Jul 2020

news

Konferensi Pers Duta Besar Tiongkok Untuk ASEAN (3): Dampak ...

  • Yohana Intan
  • 16 Jul 2020

news

Duta Besar Tiongkok: Prinsip HAM Tetap Harus Dihormati

  • Aisyah Hidayatullah
  • 16 Jul 2020

news

Pakar Rusia: Hukum Keamanan Nasional Hong Kong Akan Beri Ked...

  • Della Shafira Putri
  • 12 Jul 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong