Tiongkok Desak Swedia Perbaiki Pengecualian Perusahaan 5G

22 January 2021, 10:15 WIB

Tiongkok Desak Swedia Perbaiki Pengecualian Perusahaan 5G-Image-1

Jaringan 5G Tiongkok - Image from Dari Berbagai Sumber


Bolong.id - Tiongkok telah mendesak Swedia untuk segera memperbaiki praktik yang salah dengan mengecualikan perusahaan Tiongkok dari pembangunan jaringan 5G di negara Eropa tersebut.

Swedish Post and Telecom Authority telah menyelesaikan lelang spektrum 5G dengan persyaratan tambahan, yang mengharuskan operator telekomunikasi untuk tidak menggunakan peralatan yang dibuat oleh perusahaan Tiongkok seperti Huawei dan ZTE dalam konstruksi jaringan 5G.

"Tanpa bukti apa pun, Swedia telah mengeluarkan perusahaan Tiongkok dari pembangunan jaringan 5G dengan alasan keamanan nasional," kata juru bicara Kementerian Perdagangan (MOC) Gao Feng pada konferensi pers virtual Kamis.

"Langkah itu melanggar prinsip dasar Organisasi Perdagangan Dunia dan aturan internasional, serta merusak hak dan kepentingan sah perusahaan Tiongkok," kata Gao. "Tiongkok dengan tegas menentang ini."

Tiongkok mendesak pihak Swedia untuk segera memperbaiki praktik yang salah menemui Tiongkok dan mencari jalan tengah, serta bersama-sama menemukan solusi untuk melindungi kerja sama ekonomi dan perdagangan Tiongkok-Swedia, kata Gao.

"Tiongkok akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk secara tegas melindungi hak dan kepentingan sah perusahaan Tiongkok," tambahnya.


Agi Widjaya/Penerjemah