Baca dalam 2 menit

Taipei Catat Suhu Terpanas Kedua dalam 123 Tahun Terakhir

Waktu Publish : 20 Jul 2020, 20:10 WIB
SHARE ARTIKEL

Taipei Mencatat Suhu Terpanas Kedua dalam 123 Tahun Terakhir - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Taipei, Bolong.id - Suhu udara mencapai 39 derajat Celcius di Kota Taipei pada hari Minggu (19/7/2020), sekitar pukul 1 siang waktu setempat. Angka ini tercatat sebagai suhu terpanas kedua sejak 1897, ketika stasiun cuaca didirikan di kota itu, menurut Biro Cuaca Pusat (交通部中央气象局). Ini juga merupakan suhu tertinggi yang pernah tercatat di Taipei pada bulan Juli 2020. Biro Cuaca Pusat (交通部中央气象局) juga menambahkan, bahwa suhu tertinggi yang tercatat di kota itu adalah 39,3 derajat Celcius, pada 8 Agustus 2013.

Sebelumnya pada hari yang sama, Biro Cuaca Pusat (交通部中央气象局) mengeluarkan peringatan kode "oranye" akan cuaca panas untuk Taipei dan delapan kota dan kabupaten lainnya di Taiwan. Peringatan tersebut dilakukan karena suhu tertinggi dalam satu hari mencapai 38 derajat atau maksimum 36 derajat Celcius selama tiga hari berturut-turut.

Pada hari Minggu pukul 1:30 siang waktu setempat, suhu tertinggi yang tercatat di Taiwan adalah 39,3 derajat Celcius di Kabupaten Nantou. Namun, suhu udara tersebut tidak terekam secara resmi karena stasiun pengamatan cuaca Nantou rentan terhadap kesalahan yang diakibatkan oleh panas yang dipantulkan dari beton di sebelah alat ukur.

Sementara itu, selain cuaca panas terjadi di Taiwan, Biro Cuaca Pusat (交通部中央气象局) juga mengeluarkan peringatan hujan lebat untuk daerah pegunungan di 14 kota dan kabupaten, termasuk New Taipei, Taoyuan, Taichung, Tainan, Kaohsiung, serta Kabupaten Hsinchu, Miaoli, Nantou, Yunlin, Chiayi, Pingtung, Yilan, Hualien, dan Taitung. Peringatan hujan lebat dikeluarkan saat curah hujan diperkirakan melebihi 40mm dalam satu jam atau 80mm dalam 24 jam. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong