Festival Film Internasional Beijing Sukses, Tingkatkan Kepercayaan Normal Baru

logo clock 3 Menit logo clock 01-09-2020, 13:00

Festival Film Internasional Beijing Sukses, Tingkatkan Keper - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Dalam sembilan hari, 30 forum dan seminar, 321 pemutaran film di 19 bioskop di seluruh Beijing, menarik puluhan ribu penonton, dan tidak ada kasus baru terkait COVID-19 yang dilaporkan. 

Kurang dari sebulan setelah kesuksesan Festival Film Internasional Shanghai, Festival Film Internasional Beijing ke-10 (Beijing International Film Festival; BJIFF) yang berlangsung selama delapan hari, berakhir dengan sukses pada hari Sabtu (29/8/2020), dilansir dari Global Times, Selasa (1/9/2020).

Hanya 34 hari setelah bioskop dibuka kembali di Tiongkok, Beijing mengambil langkah berani dengan mengundang penonton masuk dan menggelar festival film internasional.

Sebagai ibu kota negara, Beijing telah berhati-hati dalam penyelenggaraan acara publik besar selama pandemi. Sha Dan (沙丹), kepala kurator Beijing, mengatakan pada hari Sabtu bahwa perencanaan awal untuk festival tersebut dimulai sekitar Oktober 2019 lalu. 

"Kami tidak pernah berhenti bekerja bahkan selama kota ini dilanda wabah COVID-19," kata Sha, "Kami bekerja keras dalam pencegahan pandemi, dan saat bioskop dibuka kembali, kami membuat penyesuaian lebih lanjut."

Nol kasus COVID-19 yang dilaporkan selama festival telah menunjukkan kehati-hatian para kru BJIFF dan upaya anti-pandemi yang efektif di ibu kota. Menurut Sha, untuk meminimalisir risiko COVID-19, komite BJIFF telah mengurangi jumlah film dalam jadwal menjadi sekitar 50% dari tahun-tahun sebelumnya, meningkatkan interval waktu antar film guna memastikan desinfeksi berulang, memberikan jarak antar kursi penonton, serta menambahkan pemutaran daring yang berhasil menarik hingga 6,42 juta penonton.

Selain itu, disiplin masyarakat setempat juga menjadi kunci dalam upaya pencegahan pandemi BJIFF. Setiap penonton harus memakai masker saat menonton film. Mereka juga telah mengukur suhu badan mereka sebelum diizinkan masuk ke bioskop, serta mendaftarkan keberadaan mereka sebelumnya jika diperlukan survei epidemiologi di masa mendatang.

Sha juga mengatakan bahwa jumlah penonton mencapai angka tertinggi sepanjang masa, bahkan mencapai 100% di beberapa bioskop. Manajer Broadway Cinematheque MOMA, pembawa acara BJIFF lainnya,juga  mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat begitu banyak peserta BJIFF sebelumnya. "Warga Beijing telah merindukan bioskop, dan kami melakukan yang terbaik untuk memastikan mereka kembali dengan selamat."

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Tentaranya Ditangkap, China Desak India untuk Segera Kembalikan Tentaranya

 

logo clock 20-10-2020, 14:43
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China: Pencabutan Embargo Senjata PBB Terhadap Iran Cerminkan Sikap Umum Komunitas Internasional

 

logo clock 20-10-2020, 14:19
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

3 Tips Hindari Kejenuhan Saat WFH

 

logo clock 20-10-2020, 13:31
logo clock Baca ini dalam 7 Menit
logo share

Upacara Pembukaan Beasiswa Pemimpin Muda ASEAN-China, Digelar

 

logo clock 20-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Business Insider: Kehidupan di China Kembali Normal

 

logo clock 20-10-2020, 13:21
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral