Militer Tiongkok Tuntut India Tarik Pasukannya yang Lintasi LAC

logo clock 2 Menit logo clock 01-09-2020, 15:12

Militer Tiongkok Tuntut India Tarik Pasukannya yang Lintasi LAC - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Chengdu, Bolong.id - Juru bicara militer Tiongkok pada hari Senin (31/8/2020) mengatakan kepada India untuk segera menarik pasukannya yang secara ilegal melanggar Garis Kontrol Aktual (Line of Actual Control; LAC) di tepi selatan Danau Pangong Tso dan dekat Gunung Reqin.

“Pasukan India merusak konsensus yang dicapai dalam negosiasi multi-level sebelumnya,” kata Zhang Shuili, juru bicara Komando Teater Barat Tentara Pembebasan Rakyat, dalam menanggapi situasi perbatasan Tiongkok-India baru-baru ini, dikutip dari laman berita Xinhua, Selasa (1/9/2020).

Zhang menyebut langkah India tersebut sebagai provokasi mencolok yang memicu ketegangan di area perbatasan kedua negara. Ia juga menambahkan bahwa tindakan India telah melanggar kedaulatan wilayah Tiongkok dan merusak perdamaian dan stabilitas di daerah perbatasan, mencatat bahwa Tiongkok sangat menentang tindakan sepihak India yang menyangkal janji-janji di masa lalu. Tindakan nyata dalam memenuhi konsensus perlu diambil India untuk menghormati janjinya dan menghindari ketegangan yang semakin meningkat.

“Militer Tiongkok mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, dan akan mengikuti perkembangan terbaru dengan tegas guna menjaga kedaulatan teritorial Tiongkok, serta perdamaian dan stabilitas di daerah perbatasan,” kata Zhang.

Dilansir dari Global Times, Selasa (1/9/2020), sejak konflik perbatasan antara Tiongkok dan India pada bulan Mei 2020 lalu, India telah membentengi pasukan dan resimen tank di Ladakh, pengerahan ini ditujukan untuk menahan gerakan PLA di daerah tersebut.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Diserang Perwakilan AS untuk PBB, China Respon Begini...

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

AS Terus Salahkan China Atas Virus, China Siap Balas Jika Dirugikan

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kemenlu China: Pekerja Xinjiang Bukan Kerja Paksa

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Ungkap Rincian Visa BNO yang Kontroversial untuk Penduduk HK

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Hakim AS Tidak Setuju Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

 

logo clock 24-10-2020, 13:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral