Perayaan Hubungan Diplomatik, Swiss dan Tiongkok Saling Memberi Selamat

logo clock 3 Menit logo clock 14-09-2020, 17:49

Presiden Tiongkok, Xi Jinping - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Presiden Tiongkok Xi Jinping (习近平) mengatakan pada hari Senin (14/9/2020) bahwa Tiongkok dan Swiss telah bersama-sama memupuk semangat kerja sama tentang kesetaraan, inovasi, dan saling menguntungkan selama 70 tahun terakhir sejak pembentukan hubungan diplomatik mereka.

Dalam pesan ucapan selamatnya yang dikirimkan kepada Presiden Konfederasi Swiss Simonetta Sommaruga untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara, Xi mengatakan kedua belah pihak telah memberikan contoh kerja sama persahabatan antar dua negara yang berbeda, baik dalam sistem sosial, tahapan perkembangan maupun ukuran, dilansir dari laman ecns.cn, Senin (14/9/2020).

Memperhatikan bahwa Swiss adalah salah satu negara Barat pertama yang menjalin hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat Tiongkok, presiden Tiongkok tersebut juga mengatakan bahwa sejak pembentukan hubungan diplomatik mereka 70 tahun lalu, hubungan antara kedua negara telah membuat kemajuan besar.

Dalam perang melawan pandemi COVID-19, Xi menyebutkan kedua belah pihak telah membantu satu sama lain, memperdalam persahabatan antara kedua bangsa. Ia juga menambahkan bahwa dirinya sangat mementingkan pengembangan hubungan Tiongkok-Swiss.

Xi juga bersedia bekerja dengan Sommaruga untuk memperingati ulang tahun hubungan diplomatik sebagai kesempatan untuk mendorong kemitraan strategis inovatif Tiongkok-Swiss agar dapat bermanfaat bagi kedua negara dan rakyat mereka, menambahkan bahwa dia menginginkan persahabatan yang langgeng antara Tiongkok dan Swiss.

Dalam pesan ucapan selamatnya, Sommaruga mengatakan bahwa pertukaran antara kedua belah pihak memiliki sejarah yang panjang, menambahkan bahwa selama 70 tahun terakhir, kedua negara selalu berpegang pada prinsip keterbukaan dan saling menghormati dalam membangun hubungan bilateral.

Presiden Swiss tersebut juga mengatakan bahwa justru karena hubungan dekat dan persahabatan jangka panjang antara kedua negara itulah Swiss dan Tiongkok dapat mengatasi kesulitan dengan bergandengan tangan dalam menghadapi wabah COVID-19. Sommaruga menambahkan bahwa pemerintah Swiss siap untuk mendorong kedua negara untuk lebih memperdalam hubungan bilateral dan saling pengertian. (*)

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Nurul Diah

Terkait

Laut China Selatan Memanas, Jepang - Vietnam Sepakati Kerjasama Militer

 

logo clock 21-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pembaruan Perjanjian Uskup Cerminkan Hubungan Sehat China-Vatikan

 

logo clock 21-10-2020, 13:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kemenlu Tiongkok Warning India Hati-hati tentang Masalah Taiwan

 

logo clock 21-10-2020, 12:57
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Ini Bakal Jadi Bukti Pembicaraan antara China dan India Berjalan Baik

 

logo clock 21-10-2020, 11:44
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ini Dia Hasil Investigasi Xinjiang oleh Pakar China

 

logo clock 21-10-2020, 11:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Viral