Tiongkok Siap Kerja Sama dengan Maroko dalam Kembangkan Vaksin COVID-19

logo clock 3 Menit logo clock 01-09-2020, 18:03

Presiden Tiongkok Xi Jinping - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Presiden Tiongkok Xi Jinping (习近平) mengatakan pada hari Senin (31/8/2020) bahwa COVID-19 tetap menjadi pandemi dan vaksin memainkan peran penting dalam kemenangan atas COVID-19, sehingga Tiongkok siap untuk mempromosikan kerja sama dengan Maroko dalam pengembangan dan produksi vaksin COVID-19. 

Xi membuat pernyataan tersebut dalam percakapan telepon dengan Raja Maroko Mohammed VI, dilansir dari laman berita Xinhua, Selasa (1/9/2020).

Atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok, Xi menyampaikan simpati yang tulus dan dukungan terhadap pemerintah Maroko dan masyarakatnya atas perjuangan mereka melawan penyakit COVID-19.

Selain menyebut COVID-19 sebagai tantangan yang menakutkan bagi seluruh dunia, Xi juga mencatat bahwa kedua negara telah berdiri bersama melawan pandemi, dan bahwa dirinya dengan Mohammed VI telah bertukar surat beberapa kali.

“Pada awal pertempuran COVID-19 Tiongkok, Maroko menawarkan dukungan dan solidaritas yang tak ternilai kepada Tiongkok, serta merawat warga Tiongkok yang terdampar di Maroko. Demikian pula setelah COVID-19 merebak di Maroko, Tiongkok secara aktif membantu negara itu dengan pasokan anti-pandemi,” tambahnya.

Presiden Tiongkok telah berulang kali menjelaskan bahwa begitu vaksin COVID-19 dikembangkan dan digunakan di Tiongkok, maka vaksin tersebut akan menjadi barang publik global, dan negara-negara berkembang, terutama negara-negara Afrika, akan menjadi pertama yang diuntungkan.

Xi juga menyarankan agar Tiongkok dan Maroko bekerja sama dengan negara lain untuk menegakkan multilateralisme, mendukung Organisasi Kesehatan Dunia dalam memainkan peran utama upaya pencegahan wabah, dan bersama-sama menjaga kehidupan dan kesehatan seluruh umat manusia di seluruh dunia.

Sementara itu, Raja Mohammed VI mengatakan Maroko sangat senang memiliki mitra strategis seperti Tiongkok, mengingat bahwa dia dan Xi bersama-sama mengumumkan pembentukan kemitraan strategis Maroko-Tiongkok selama kunjungannya ke Tiongkok tahun 2016 lalu. “Berkat kerja sama strategisnya dengan Tiongkok, Maroko telah mencapai perkembangan yang baik dalam beberapa tahun terakhir,” tambahnya.

Pihak Maroko menganggap Tiongkok sebagai prioritas utama untuk menjalin kerja sama bilateral, dan berharap kedua pihak akan memperkuat kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan, sains dan teknologi, dan membuat hubungan bilateral mereka lebih dinamis.

Raja Mohammed VI juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Tiongkok kepada Maroko dalam memerangi pandemi, mengungkapkan harapan bahwa kerja sama bilateral dalam penelitian dan pengembangan vaksin, pengadaan dan produksi akan diperkuat. (*)

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Laut China Selatan Memanas, Jepang - Vietnam Sepakati Kerjasama Militer

 

logo clock 21-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pembaruan Perjanjian Uskup Cerminkan Hubungan Sehat China-Vatikan

 

logo clock 21-10-2020, 13:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kemenlu Tiongkok Warning India Hati-hati tentang Masalah Taiwan

 

logo clock 21-10-2020, 12:57
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Ini Bakal Jadi Bukti Pembicaraan antara China dan India Berjalan Baik

 

logo clock 21-10-2020, 11:44
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ini Dia Hasil Investigasi Xinjiang oleh Pakar China

 

logo clock 21-10-2020, 11:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Viral