Xi Jinping Janji Prioritaskan Afrika untuk Vaksin COVID-19

logo clock 2 Menit logo clock 01-09-2020, 12:35

Xi Jinping Berjanji Prioritaskan Afrika untuk Vaksin COVID-19 - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Presiden Tiongkok Xi Jinping (习近平) berjanji pada Senin (31/8/20) bahwa Tiongkok akan memberi negara-negara berkembang, terutama di Afrika, akses prioritas ke vaksin COVID-19 setelah dikembangkan dan mulai digunakan.

Ia membuat pernyataan tersebut selama panggilan telepon dengan Raja Maroko Mohammed VI.

Xi berterima kasih kepada Maroko atas bantuan dan dukungannya ke Tiongkok pada fase awal pandemi dan mengatakan Tiongkok juga mengirim pasokan medis ke Maroko ketika virus menyebar di negara itu.

Vaksin sangat penting bagi manusia untuk mengatasi pandemi, ujar Xi, seraya menambahkan bahwa begitu Tiongkok mengembangkannya, itu akan menjadi produk publik global.

Presiden Tiongkok mengatakan Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Maroko untuk mendorong penelitian dan pengembangan vaksin.

Ia juga meminta negara itu untuk bersama-sama menjaga multilateralisme serta kesehatan dan keselamatan semua orang di seluruh dunia.

Xi mendorong perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di Maroko dan mengatakan Tiongkok bersedia bekerja dengan negara Afrika Utara untuk meningkatkan kerja sama bilateral di bawah kerangka Belt and Road Initiative.

Raja mengungkapkan Maroko senang memiliki mitra strategis seperti Tiongkok dan negaranya telah mencapai perkembangan yang baik berkat kerja sama bilateral.

Ia berharap kedua pihak dapat memperdalam kerja sama di berbagai bidang seperti perdagangan dan teknologi untuk membawa lebih banyak vitalitas dalam hubungan mereka.

Raja menambahkan, Maroko dengan tegas mendukung sikap Tiongkok dalam masalah kedaulatan dan keamanannya dan bersedia meningkatkan kerja sama lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan vaksin untuk COVID-19. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pakistan Beri Penghargaan kepada Pejabat China

 

logo clock 23-10-2020, 16:27
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Xi Jinping: Modernisasi Militer Kunci Peremajaan Nasional

 

logo clock 23-10-2020, 16:24
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Terungkap, Kesepakatan Baik China - Vatikan, Terkait Penunjukan Uskup

 

logo clock 23-10-2020, 15:14
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Xi Jinping: Perang Harus Dilancarkan Melawan Penjajah

 

logo clock 23-10-2020, 14:34
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral