Xi Jinping Siap Jalin Hubungan Bilateral dengan PM Baru Jepang

logo clock 2 Menit logo clock 28-09-2020, 05:01

Presiden Tiongkok, Xi Jinping - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan pada hari Jumat (25/9/2020) bahwa dia siap untuk bergandengan tangan dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dalam memainkan peran strategis guna mempromosikan perkembangan baru dalam hubungan Tiongkok-Jepang.

Dalam percakapan telepon dengan pemimpin Jepang, Xi menekankan bahwa Tiongkok dan Jepang adalah tetangga dekat dan mitra yang sangat penting bagi satu sama lain, dilansir dari Global Times, Minggu (27/9/2020).

Sebagai pemain kunci di Asia dan dunia, kedua negara menikmati berbagai kepentingan bersama dan ruang kerja sama yang luas, katanya, seraya menambahkan bahwa dengan upaya bersama oleh kedua belah pihak, hubungan Tiongkok-Jepang akan terus mempertahankan momentum positif.

Tiongkok juga siap bekerja sama dengan pemerintah Jepang yang baru untuk menangani masalah sensitif, termasuk masalah sejarah, terus meningkatkan rasa saling percaya di bidang politik, memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan, dan memperluas pertukaran hubungan di masyarakat di tengah upaya untuk membangun hubungan bilateral era baru.

Presiden Tiongkok itu pun menunjukkan bahwa kepentingan bersama yang terus berkembang demi kepentingan kedua bangsa adalah kebutuhan penting di era baru untuk hubungan Tiongkok-Jepang. Di tengah ganasnya COVID-19, hal itu telah menjadi pilihan kebijakan bersama oleh semua negara untuk memerangi pandemi, menstabilkan ekonomi, dan menjaga mata pencaharian masyarakat.

Tiongkok dan Jepang dapat saling mendukung dan mencapai hasil yang sama-sama menguntungkan, kata Xi, menyebutkan bahwa kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara telah menghasilkan pertumbuhan meskipun dihempas oleh pandemi. Ini tentu saja menunjukkan ketahanan yang kuat dan potensi yang besar. (*)

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Kedubes China di Sri Lanka Protes Pernyataan Intimidasi Pejabat AS

 

logo clock 27-10-2020, 09:54
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pameran Pariwisata China-ASEAN Expo 2020 Digelar di Guilin 8 Desember

 

logo clock 27-10-2020, 09:51
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kini China Miliki Perjanjian Ekstradisi dengan 25 Negara

 

logo clock 27-10-2020, 09:28
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China Warning Amerika, Jual Senjata ke Taiwan Senilai Rp26 Triliun

 

logo clock 27-10-2020, 09:03
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Politisasi Vaksin: Brasil Dapat Rusak Hubungan dengan Beijing

 

logo clock 27-10-2020, 05:06
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral