Trump: COVID-19 Bukan Salah Kalian, Ini Salah China

logo clock 3 Menit logo clock 09-10-2020, 17:11

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Washington, Bolong.id - Lagi-lagi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump salahkan Tiongkok atas merebaknya pandemi COVID-19 di seluruh dunia. Trump menyamppaikan hal ini dalam sebuah video yang diunggah di akun twitter-nya, di mana dia juga menjanjikan obat yang dipakai menyembuhkannya akan tersedia secara gratis. 

Awalnya, Trump memuji kecekatan para dokter dan perawat di Rumah Sakit Militer Walter Reed di mana ia dirawat setelah dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Dia melanjutkan ucapannya dengan menyebut "Negeri Panda" merupakan pihak yang bertanggung jawab atas mewabahnya COVID-19 sejak awal 2020. 

"Ini bukan salah kalian (pandemi COVID-19) terjadi. Ini adalah kesalahan Tiongkok. Mereka akan membayar sangat mahal atas perbuatan mereka in dunia ini," ungkapnya, dilansir dari Sky News, Jumat (9/10/2020).

Ini bukan pertama kalinya Administrasi Trump menyalahkan Tiongkok atas merebaknya pandemi COVID-19. Sejak wabah ini mulai menjalar di seluruh dunia pada bulan Maret lalu, Trump berulang kali menuding Beijing sebagai pihak yang paling bersalah. 

Pemerintahannya tidak hanya menuding Beijing menyembunyikan angka penularan sebenarnya, namun juga menyembunyikan asal usul wabah tersebut. Washington juga beberapa kali menuding COVID-19 berasal dari kebocoran lab di Wuhan, kota di mana COVID-19 pertama kali diidentifikasi. Trump bahkan menyebut virus ini dengan istilah bernada rasis, yaitu “Virus Tiongkok”.

Di lain sisi, orang nomor satu di AS ini juga menyatakan bahwa dirinya baru saja berbincang dengan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, yang juga sempat menderita COVID-19. "Sangat berterima kasih dengan kesetiakawanan dan dukungannya selama penyembuhkan diri saya dari virus Tiongkok. Pria yang baik!" ujar dia, merujuk pada Johnson. 

Sementara itu, Trump mengumumkan sudah menyetujui penggunaan obat Regeneron yang dipakai dalam penyembuhannya untuk diberikan secara gratis. "Saya ingin setiap orang bisa mendapatkan pengobatan yang sama yang diberikan kepada presiden kalian ini karena kondisi saya luar biasa," pungkas Trump. (*)

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Jet Tempur Taiwan Mendadak Tercebur Laut, Pilot Tewas

 

logo clock 29-10-2020, 14:14
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Beijing Membalas, Wajibkan Media AS di China Laporkan Berbagai Hal

 

logo clock 29-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

ASEAN Pantau Pilpres AS, Kalkulasi Prediksi Berbagai Kemungkinan

 

logo clock 29-10-2020, 12:45
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Menlu Pompeo Tekan China, Begini...

 

logo clock 29-10-2020, 12:15
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Biden: China adalah Pesaing AS, Bukan Musuh

 

logo clock 29-10-2020, 12:04
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral