Baca dalam 3 menit

7 Makanan Khas Indonesia yang Dipengaruhi Budaya China, Enak Semua!

SHARE ARTIKEL

7 Makanan Khas Indonesia yang Dipengaruhi Budaya China - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Menjadi pusat pelayaran sejak ratusan tahun yang lalu, membuat masakan Indonesia dipengaruhi oleh berbagai budaya yang beragam, salah satunya dari Tiongkok. Karena rasanya yang enak, makanan-makanan yang dipengaruhi budaya Tiongkok mayoritas bisa diterima di lidah orang Indonesia.

Dari sekian banyak makanan, inilah tujuh makanan Indonesia yang dipengaruhi budaya Tiongkok!

1. Bakso

Bakso - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Bakso berdasarkan dialek Hokkien berarti daging giling. Di Indonesia, bakso mengalami penyesuaian, yakni dibuat dari daging sapi berbentuk bulat dengan kuah melimpah. Meskipun kemungkinan berasal dari Tiongkok, bakso tampaknya telah mengalami pelokalan, terutama ke masakan Tionghoa Indonesia dan Jawa.

2. Pempek

Pempek - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Pempek yang berasal dari Palembang ini juga dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Pada 1617, ada seorang imigran Tionghoa tua yang tinggal di dekat sungai Musi. Ia melihat banyaknya ikan yang ditangkap oleh nelayan setempat. Sebelum ditemukannya teknologi pendinginan, sebagian besar ikan sisa yang tidak terjual ini membusuk dan terbuang percuma. Namun masyarakat adat memiliki pengetahuan dan teknik yang terbatas dalam mengolah ikan. Selama periode tersebut, sebagian besar masyarakat adat hanya memanggang, menggoreng atau merebus ikan mereka alih-alih menambahkan bahan lain untuk membuat masakan baru. Orang Tionghoa tua itu kemudian mencampurkan tapioka dan rempah-rempah lainnya yang kemudian dia jual di sekitar desa dengan gerobaknya. Orang-orang menyebut orang tua ini sebagai 'pek-apek, dimana apek adalah kata gaul Tionghoa untuk menyebut orang tua. Makanan tersebut sekarang dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

3. Bakwan

Bakwan - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Bakwan atau bala-bala berisi sayuran dicampur tepung, lalu digoreng. Nama bakwan juga berasal dari bahasa Tiongkok, yaitu “bak” yang artinya “daging” dan “wan” yang artinya “bulat”. Mulanya berisi daging atau udang, namun di Indonesia, masakan ini diubah jadi isi sayuran.

4. Bihun

Bihun - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Bihun, mie tepung beras dari Tiongkok ini masuk ke Indonesia sebagai pelengkap atau bahan utama berbagai masakan. Misalnya bihun goreng, rebus, isian lumpia, dan soto.

5. Cap Cai

Cap Cai - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Cap cai cukup favorit di Indonesia sebagai hidangan sayuran dengan lauk melimpah. Ternyata, nama cap cai sendiri berasal dari dialek Hokkien yang berarti campuran sayuran, makanan ini juga awalnya berasal dari Fujian.

6. Ifu Mie

Ifu Mie - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Ifu mie adalah mie kental goreng renyah khas Indonesia, disajikan dalam saus gurih kental dengan potongan daging atau seafood dan sayuran. Hidangan ini disajikan panas selagi mi masih garing hingga mi melunak dengan kuah dan siap disantap. Hidangan ini adalah salah satu hidangan mie paling populer dalam masakan Tionghoa Indonesia. 

7. Lumpia

Lumpia - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Lumpia berisi telur, udang, daging ayam, dan rebung dikenal sebagai makanan khas Semarang. Dulunya, lumpia dibuat oleh keturunan Tionghoa dan Indonesia dengan namanya yang berasal dari bahasa Hokkien berarti kue basah. (*)

Terkait

ces 2020

CES ASIA 2020 di Shanghai ditunda!

  • Bolong team
  • 12 Mar 2020

coronavirus

Penjualan iPhone di Tiongkok bulan Februari Turun 60

  • Bolong team
  • 12 Mar 2020

covid-19

Mahasiswa Indonesia di Tiongkok Negatif Corona, 1 Ma

  • Bolong team
  • 19 Mar 2020

corona

Tiongkok Beri Bantuan Medis, Miris, Saat Warga Jakar

  • Bolong team
  • 19 Mar 2020

kesehatan

Menguji Khasiat Jamu Jokowi dan Jamu Herbal Tiongkok

  • Bolong team
  • 20 Mar 2020

berita

Krisis Kepedulian Tanggapi Corona, Anggap Remeh hing

  • Bolong team
  • 19 Mar 2020
Logo follow bolong