Baca dalam 2 menit

Ini Loh Asal Muasal Nasi Goreng!

Waktu Publish : 09 Sep 2021, 16:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Nasi Goreng - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Orang Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan nasi goreng. Masakan ini bisa ditemukan di mana saja, dari restoran mewah hingga gerobak kaki lima. Meski sudah akrab dengan nasi goreng, apakah kalian tahu asal-usul nasi goreng?

Dilansir dari Kompas.com, ternyata nasi goreng masuk ke Indonesia dari para imigran Tiongkok yang membawa budaya dan masakan mereka ke sini. Sejarawan Fadly Rahman, menjelaskan bahwa nasi goreng sudah dihidangkan di Indonesia sejak sekitar abad ke-10.

“Asal-usul nasi goreng ini dari Tiongkok. Di negeri asalnya mereka (orang Tionghoa) tidak menyukai makan-makanan yang sudah dingin sehingga mereka sering memasak dan menghangatkan lagi,” ujar Fadly Rahman, sejarawan sekaligus dosen Departemen Sejarah Universitas Padjajaran.

Mengutip dari Brilio Food, di Tiongkok sendiri, nasi goreng sudah ada sejak 4.000 tahun SM. Konon, nasi goreng tercipta karena kebiasaan masyarakat Tiongkok yang tidak suka membuang nasi sisa. Oleh karena itu, mereka pun memasak kembali nasi sisa dengan cara digoreng dengan tambahan bumbu dan isian. Maka, jadilah nasi goreng.

Tentunya karena penyesuaian dengan citarasa lokal, nasi goreng Tionghoa memiliki rasa yang berbeda dengan nasi goreng Indonesia. Di Indonesia sendiri, hidangan nasi goreng sangat beragam, menyesuaikan dengan citarasa dan bahan yang ada di tempat masing-masing.(*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

lifestyle

Macam-macam Hidangan Menarik di Kantin Sekolah China

  • Lupita
  • 27 Jun 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong