Baca dalam 2 menit

Kepoin Asal-Usul Bakmi, Hidangan Mi Favorit Orang Indonesia

Waktu Publish : 06 Sep 2021, 12:33 WIB
Sumber : Scarf Media
SHARE ARTIKEL

Bakmi Ayam - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Bakmi adalah salah satu hidangan favorit mi masyarakat Indonesia. Seperti bakso dan siomay, bakmi juga merupakan salah satu kuliner Indonesia yang memiliki asal-usul dari Tiongkok.

Dilansir dari Scarf Media, arkeolog telah menemukan beberapa bukti sejarah yang menyebutkan bahwa bakmi berasal dari Dinasti Han Timur sekitar abad 2 Masehi. Berdasarkan bukti sejarah itu, diketahui bahwa bangsa Tiongkok kuno adalah salah satu bangsa pertama yang menciptakan mi.

Seiring perkembangan zaman, bakmi pun terus mengalami perkembangan hingga akhirnya menyebar ke negara Asia lainnya seperti Jepang, Korea, dan juga Nusantara. Bakmi masuk ke Nusantara melalui para imigran Tiongkok yang datang.

Bakmi sebenarnya adalah hidangan yang menggunakan minyak babi dan daging babi sebagai toppingnya. Namun karena masyarakat Indonesia dominan tidak mengkonsumsi babi, hidangan ini pun disesuaikan dengan citarasa lokal sehingga menggunakan minyak ayam atau minyak bawang dengan topping ayam hingga jamur.

Kini, bakmi telah menjadi salah satu hidangan favorit orang Indonesia. Bakmi pun telah dikreasikan dan mengalami banyak inovasi untuk terus menyesuaikan dengan selera orang Indonesia. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong