Baca dalam 6 menit

Mitologi China: Zhong Kui Sang Pemburu Iblis Pelindung Rakyat

Waktu Publish : 11 Sep 2021, 10:38 WIB
SHARE ARTIKEL

Zhong Kui ilustrasi oleh Ren Yi - Image from Mythopedia

Bolong.id - Zhong Kui (鍾馗), yang dikenal sebagai pemburu iblis, adalah dewa dan pahlawan rakyat Tiongkok yang melawan hantu. Karena penampilannya yang tidak sedap dipandang sebagai manusia, ia bunuh diri, dan diberikan kekuatan gaib di akhirat.

Legenda mengatakan Zhong Kui memerintahkan lebih dari 80.000 hantu dan setan seorang diri. Namanya terdiri dari nama keluarga zhōng (鍾) dan kuí (馗), sebuah kata yang berarti “persimpangan jalan.”

Menurut legenda, dia adalah seorang tokoh yang pernah hidup pada zaman dinasti Tang, tepatnya pada masa pemerintahan Kaisar Tang Xuanzong [唐玄宗], yang memerintah pada 713-756 M.

Menurut cerita legenda, Zhong Kui tinggal di daerah Zhongnan (终南) Provinsi Yongzhou (雍州) pada masa Dinasti Tang (sekarang Kota Xi’an Provinsi Shanxi (陕西).

Mitologi

Legenda Zhong Kui adalah salah satu yang tragis dalam mitologi China. Pada zaman kuno, Zhong Kui dan temannya, Du Ping (杜平), mengikuti ujian kekaisaran. Meskipun Zhong Kui mendapat nilai tertinggi di kelasnya, dia tidak dianugerahi posisi di pemerintahan kaisar.

Justru sebaliknya, ia diperlakukan buruk karena penampilannya yang dianggap buruk, wajahnya persegi, matanya terbelalak seperti ikan, dan rambutnya tak terawat. Ia sangat kesal dan kecewa karena ketidakadilan ini sehingga ia memutuskan untuk bunuh diri dari gerbang istana yang menyebabkan kepalanya pecah.

Zhong Kui the Demon Queller, lukisan awal abad ke-20.- Image from Mythopedia

Du Ping membawa pulang jasad temannya dan membaringkannya untuk beristirahat. Saat berada di Neraka, Yan Wang (閻王) melihat potensi Zhong Kui dan menamainya Raja Hantu. Zhong Kui kemudian bersumpah untuk menggunakan status baru dan kemampuan supernaturalnya untuk melindungi kaisar, dan semua manusia lainnya, dari setan dan hantu.

Menurut cerita legenda lainnya, pada masa Dinasti Tang, Kaisar Tang Xuan Zong yang merupakan kaisar yang berkuasa pada saat itu sedang sakit keras dalam perjalanannya ke daerah-daerah wilayah kekuasaan Dinasti Tang. Banyak cara yang telah dilakukan oleh tim dokter kekaisaran untuk menyembuhkan sang Kaisar, namun semuanya tidak menemukan hasil yang berarti.

Namun suatu malam, Kaisar Tang Xuanzong bermimpi adanya sesosok hantu kecil yang mencuri sebuah tas milik Permaisuri Yang Guifei (杨贵妃) dan sebuah seruling milik Kaisar sendiri. Dengan sangat marah, sang Kaisar mencela hantu kecil tersebut.

Namun beberapa saat kemudian, muncul sesosok hantu besar dengan memakai topi seorang pejabat menangkap hantu kecil tersebut, dan kemudian menelan hantu kecil tersebut. Kaisar Tang Xuan Zong kemudian bertanya kepada Hantu besar tersebut tentang dirinya.

Hantu besar tersebut kemudian menjawab "Nama saya adalah Zhong Kui, Saya sebenarnya adalah warga Zhong Nan, Provinsi Yong, yang berhasil lulus Ujian Negara dengan gelar Sarjana (Jìnshì; 进士)."

"Namun karena Kaisar pada saat itu tidak menyukai saya, dengan alasan wajah saya yang terlalu menakutkan, sehingga saya ditolak sebagai pegawai kekaisaran." dan " dengan perasaan yang sangat kesal dan kecewa, saya bunuh diri di hadapan Kaisar Tang De Zong."

Tampak lukisan Zhong Gui dengan tunggangannya. Zhong Kui merupakan salah satu Dewa yg menjabat di bagian “Yin” (mengurusi dunia roh/arwah), satu grup dengan Yan Luo Wang (阎罗王), Bao Zheng (包拯), dan Fa Zhu Gong (法主公). - Image from www.tionghoa.info

Pada keesokan harinya setelah Kaisar terbangun dari tidurnya merasa semua penyakitnya telah hilang. Sang Kaisar percaya ini karena bantuan dari Zhong Kui.

Karena itu sang Kaisar segera memerintahkan seorang pelukis yang terkenal pada saat itu, yaitu Wu Dao Zi [吴道子] untuk menggambar rupa Zhong Kui dan menyebarkannya kepada rakyat Dinasti Tang, agar mereka bebas dari segala gangguan makhlus halus serta dapat hidup dengan tenteram.

Akhirnya gambar sosok Zhong Kui banyak dipasang di depan pintu rumah-rumah penduduk untuk mengusir hantu serta roh jahat.

Dalam Ajaran Taoisme, Zhong Kui juga dikenal dengan sebutan gelar Zhèn Zhái Shèng Jūn [镇宅圣君] atau “Dewa Pelindung Rumah”, dan Qū Mó Zhēn Jūn [驱魔真君] atau “Dewa Pengusir Setan”.

Budaya Populer

Zhong Kui masih merupakan dewa pelindung populer yang rupa-nya sering digantung di pintu rumah dan bisnis untuk bertahan melawan roh jahat. Orang-orang mencari bantuannya selama Tahun Baru Imlek ketika mereka memintanya untuk menjaga rumah dan keluarga mereka di tahun mendatang dan mengusir hantu dan setan yang mungkin mengancam mereka. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

culture

Mitologi Abad k-14 China, Dewi Guanyin

  • Djono W. Oesman
  • 04 Oct 2021

culture

Mitologi China: Lei Gong (雷公) Dewa Guntur

  • Djono W. Oesman
  • 23 Sep 2021

culture

Mitologi: Nuba, Dewi Kekeringan Kuno dan Putri Kaisar Kuning...

  • Lupita
  • 19 Sep 2021

culture

Mitologi China: Mengenal Raja Naga (Longwang)

  • Visco Joostensz
  • 02 Sep 2021

culture

Mitologi China, Kaisar Giok dan Asal-usulnya

  • Djono W. Oesman
  • 27 Aug 2021

culture

Mitologi China: Yue LaoYue Lao (月老), Dewa Cinta dan Pern...

  • Lupita
  • 22 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong