Baca dalam 3 menit

Xi Jinping Pertimbangkan Kebutuhan Vaksin Negara Anggota SCO

SHARE ARTIKEL

Xi Jinping akan Pertimbangkan Kebutuhan Vaksin Negara Anggota SCO - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Pemerintah Tiongkok meminta negara-negara Shanghai Cooperation Organization (SCO) menyiapkan hotline pusat pengendalian penyakit, dan Tiongkok siap memebuhi kebutuhan vaksin COVID-19 secara proaktif. 

Itu dikatakan Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Xi di Pertemuan ke-20 Dewan Kepala Negara SCO melalui video pada  Selasa (10/11/2020). Itu diselenggarakan Rusia yang memegang jabatan presiden bergilir SCO tahun ini.

“Penting untuk memperkuat kekuatan bersama antar negara dalam pencegahan dan pengendalian (COVID-19), saling mendukung memerangi pandemi, dan lebih lanjut mempromosikan pertukaran dan kerja sama di bidang-bidang seperti pengawasan pandemi, penelitian ilmiah, pencegahan dan pengobatan penyakit,” terang Xi, dilansir dari China Daily, Rabu (11/11/2020).

Xi lebih lanjut mengatakan, “Sejarah telah membuktikan dan akan terus membuktikan bahwa persahabatan yang baik dan bertetangga akan melampaui pendekatan beggar-thy-neighbour, kerja sama yang saling menguntungkan juga akan mengambil alih permainan zero-sum, dan multilateralisme akan menang atas unilateralisme.” 

Kebijakan beggar-thy-neighbour adalah suatu kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengatasi masalah ekonominya dengan cara yang cenderung memperburuk masalah ekonomi negara lain. 

Sementara permainan zero-sum adalah representasi matematis dari situasi di mana keuntungan atau hilangnya utilitas setiap peserta diimbangi dengan kerugian atau keuntungan utilitas peserta lain.

Orang-orang berbagai negara tentu ingin hidup lebih baik, dan tren perdamaian, pembangunan, kerja sama, serta kerja sama saling menguntungkan sangatlah menarik, tambah Presiden Tiongkok itu.

“Negara-negara Shanghai Cooperation Organization harus tegas menentang campur tangan pasukan eksternal dalam urusan internal mereka dengan dalih apa pun,“ tegas Xi. 

Negara-negara SCO juga harus mendukung negara-negara terkait untuk memajukan agenda politik domestik utama dalam pendekatan yang sah. Juga mendukung negara-negara anggota menjaga keamanan politik dan stabilitas sosial.

Terkait

international

China Tangguhkan Masuknya Orang Asing dari Beberapa

  • Aisyah Hidayatullah
  • 07 Nov 2020

international

Xi Jinping Pertimbangkan Kebutuhan Vaksin Negara Ang

  • Aisyah Hidayatullah
  • 12 Nov 2020
Logo follow bolong