Baca dalam 3 menit

10 Festival Tradisional China yang Tak Patut Dilewatkan

Waktu Publish : 05 Dec 2020, 11:16 WIB
SHARE ARTIKEL

10 Festival Tradisional China yang Tak Patut untuk Dilewatka - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Festival tradisional representasi kehidupan di Tiongkok. Berbagai acara tahunan seperti Tahun Baru Imlek, Festival Lentera, dan Festival Qingming patut untuk disaksikan. Seringkali tanggal pelaksanaan festival akan bervariasi dari tahun ke tahun karena dirayakan menurut kalender Tiongkok. Berikut adalah 9 festival di Tiongkok yang tak patut dilewatkan.

1.     Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Tahun Baru Imlek juga disebut Festival Musim Semi (春节 Chūnjié). Ini adalah festival terpenting bagi orang Tiongkok. Banyak kegiatan yang diadakan untuk merayakan festival tersebut, seperti tarian naga, menyalakan petasan, dan membuat siomay. Tahun 2021, festival tahun baru Imlek dilaksanakan tanggal 12 Februari 2021.

2.     Festival Lentera Tiongkok

Festival Lentera Tiongkok - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Festival Lentera (元宵节 Yuánxiāo jié) secara tradisional diadakan di hari terakhir Tahun Baru Imlek yang jatuh pada hari ke-15 bulan pertama penanggalan Tiongkok. Tahun 2021, festival ini jatuh pada tanggal 21 Februari. Festival ini sudah dimulai sejak sekitar 2.000 tahun yang lalu. Miliaran lentera dan lampion raksasa diterbangkan dan dipajang sepanjang jalan dan rumah membuat suasana yang meriah.

3.     Festival Qingming

Festival Qingming - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Festival Qingming (清明节 Qīngmíng jié) jatuh sekitar tanggal 4 April 2021, ini adalah hari orang Tiongkok mengunjungi kuburan untuk berdoa dan memberi penghormatan kepada leluhur mereka. Festival ini dikenal sebagai Tomb Sweeping Festival dalam bahasa Inggris. Banyak orang Tiongkok juga pergi piknik selama Festival Qingming untuk menikmati pemandangan musim semi yang indah.

4.     Festival Perahu Naga

Festival Perahu Naga - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Kegiatan paling populer dan representatif dari Festival Perahu Naga (端午节 Duānwǔ jié) adalah balap perahu naga. Festival Perahu Naga jatuh pada bulan ke-5 hari ke-5 dari kalender lunar Tiongkok, tahun 2021 akan jatuh pada 14 Juni. Selama festival tradisional di Tiongkok ini, orang biasanya makan pangsit nasi.

5.     Double Seventh Day

Double Seventh Day - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Double Seventh Day (七夕 Qīxì) jatuh pada hari ke-7 bulan ke-7 kalender lunar Tiongkok, itulah sebabnya disebut Double Seventh Day. Dikenal sebagai Hari Valentine Tiongkok, festival ini memiliki hubungan legendaris dengan romansa dan cinta di Tiongkok. Pada tahun 2021, perayaan romantis ini akan jatuh pada 14 Agustus.

6.     Festival Pertengahan Musim Gugur Tiongkok

Festival Pertengahan Musim Gugur - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Pada tahun 2021, Festival Pertengahan Musim Gugur (中秋节 Zhōngqiū jié) jatuh pada tanggal 21 Oktober. Festival Pertengahan Musim Gugur juga dikenal sebagai Festival Bulan atau Festival Kue Bulan, adalah festival tradisional yang dirayakan oleh banyak orang Asia Timur dan Tenggara. Kebiasaan umum pada festival ini termasuk anggota keluarga makan malam bersama, berbagi kue bulan, memberikan persembahan, memamerkan lentera, dan kegiatan daerah lainnya.

7.     Festival Dongzhi

Festival Dongzhi - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beberapa orang Tionghoa merayakan Festival Dongzhi (冬至 Dōngzhì) atau Titik Balik Matahari Musim Dingin pada tanggal 21 Desember, ini merupakan kebiasaan bagi orang Tiongkok untuk makan pangsit dan atau tangyuan atau dikenal dengan wedang Ronde di Indonesia bersama keluarga mereka pada perayaan ini.

8.     Festival Xiazhi

Festival Xiazhi - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Festival Titik Balik Musim Panas atau Xiazhi  (夏至 xià zhì) diidentifikasikan sebagai matahari. Hal ini disebabkan di Tiongkok Utara, matahari bersinar lebih lama sehingga siang hari lebih lama daripada malam hari. Umumnya terjadi pada 21 atau 22 Juni, secara tradisional, Xiazhi terjadi sekitar waktu panen gandum, sehingga perayaan ini dimasukkan sebagai upacara persembahan anggur kepada dewa selama ritual. Beberapa juga menduga bahwa Festival Perahu Naga berasal dari Festival Xiazhi.

9.  Festival Hantu

Festival Hantu - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Dalam budaya Tiongkok, hari kelima belas dari bulan ketujuh dalam kalender lunar disebut Hari Hantu dan bulan ketujuh secara umum dianggap sebagai Bulan Hantu, di mana hantu dan roh, termasuk leluhur yang telah meninggal, keluar dari alam bawah. Selama Festival Hantu atau Hungry Ghost Festival (中元节 Zhōng yuán jié), almarhum diyakini mengunjungi yang masih hidup. Tahun 2021, festival ini diadakan pada 22 Agustus 2021.

Terkait

news

Cara Tiongkok Tindak WNA yang Masuk Selama Wabah Corona, Bag...

  • Isfatu Fadhilatul
  • 20 Mar 2020

news

Beda Tiongkok dan Indonesia Instruksikan Penutupan Wisata Se...

  • Isfatu Fadhilatul
  • 21 Mar 2020

technology

Kemajuan Tiongkok Jadi Kunci Kemenangan Melawan Corona 

  • Dian Aprilia
  • 20 Mar 2020

technology

Teknologi Hebat Tiongkok yang Digunakan di Indonesia 

  • Dian Aprilia
  • 21 Mar 2020

news

Kisah-kisah Warga Indonesia di China Selama Corona

  • Isfatu Fadhilatul
  • 21 Mar 2020

news

Tips Sukses Nanjing, Tiongkok Turunkan Kasus Covid-19 Hingga...

  • Dian Aprilia
  • 21 Mar 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong