Baca dalam 3 menit

Sempat Dilarang di China, Ini Fakta Permainan Mahjong

Waktu Publish : 24 Feb 2021, 10:16 WIB
Sumber : IDN Times
SHARE ARTIKEL

Mahjong - Image from diambil dari berbagai sumber, segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami.

Beijing, Bolong.id - Mahjong atau mahyong Hanzi tradisional: 麻將; Hanzi: 麻将 adalah sebuah permainan untuk empat orang yang berasal dari Tiongkok. Ini adalah permainan yang menuntut kecakapan, strategi, kecerdasan, kalkulasi, dan peruntungan.

Hampir sama dengan permainan catur tergantung pada variasi permainannya, faktor keberuntungan bisa kecil atau dominan.

Berkat keunikannya, dalam sekejap Mahjong menjadi populer dan digemari oleh banyak orang. Setelah tahun 1905, permainan ini menyebar ke seluruh Tiongkok dan menyalip popularitas catur. Padahal, sebelum itu catur adalah permainan yang paling terkenal.

Sejarah Mahjong

Dilansir dari IDN Times mahjong diperkirakan ada pada akahir abad ke-19 Rumor menyebut bahwa permainan Mahjong telah berusia lebih dari 2.500 tahun.

Namun, catatan sejarah tertua yang pernah ditemukan mengungkap bahwa Mahjong diciptakan pada tahun 1880-an, jelas laman Roundhouse Community Arts & Recreation Centre.

Para peneliti menyebut bahwa permainan ini berasal dari akhir abad ke-19 di Provinsi Kiangsu, Anhwei dan Chekiang yang terletak di dekat Shanghai. Mahjong dikaitkan dengan permainan Mah-tiae karena memiliki set ubin dan aturan tradisional yang sama.

Salah satu mitos tentang asal usul Mahyong mengatakan bahwa Kong Hu Cu, sang filsuf Tiongkok, telah mengembangkan permainan ini sekitar tahun 500 SM.

Menurut mitos ini, permainan ini muncul bersamaan di berbagai provinsi Tiongkok bertepatan dengan perjalanan Kong Hu Cu ketika ia menyebarkan ajaran-ajarannya yang baru.

Namun tidak ada bukti yang mendukung pernyataan ini. Ketiga batu naga juga sesuai dengan ketiga kebajikan utama yang diwariskan oleh Kong Hu Cu. Zhong yang berwarna merah hong, fa hijau, Bai putih berarti kedermawanan, ketulusan, dan setia kepada keluarga, juga dalam mitos ini.

Cara Bermain Mahjong

Pertama, empat ubin mata angin diletakkan menghadap ke bawah, sementara masing-masing permain mengambil satu untuk menentukan tempat duduk mereka, yakni di utara, selatan, timur dan barat. Total orang yang bermain berjumlah empat orang.

Lalu, setiap pemain diberi 14 ubin. Untuk mendapatkan Mahjong, pemain harus mengatur ubin menjadi empat set dan sepasang. Setelah itu, ubin yang tersisa dibentuk menjadi dinding dengan panjang 17 ubin dan tinggi 2 ubin di depan setiap pemain, ungkap laman Roundhouse Community Arts & Recreation Centre.

Mahjong Sempat Dilarang di Tiongkok?

Di tahun 1940-an, Mahjong dilarang di Tiongkok setelah peristiwa Revolusi Komunis. Pemerintah Tiongkok beranggapan bahwa Mahjong mendorong perjudian dan dianggap sebagai hiburan kaum borjuis. Jika terlihat Mahjong dimainkan, para pemain akan ditangkap oleh polisi.

Permainan tradisional Tiongkok ini dilarang di negaranya sendiri pada 1949, ketika Republik Rakyat Tiongkok terbentuk. Pemerintahan komunis yang baru menganggap segala bentuk kegiatan judi sebagai lambang kebusukan kapitalis.

Namun, Setelah Revolusi Kebudayaan larangan ini dicabut pada tahun 1985 dan Mahjong kembali bebas dimainkan.

Sekali lagi Mahjong menjadi permainan rekreasi rakyat Tiongkok. Pertandingan Mahjong kembali digelar dan permainan ini populer lagi seperti sediakala. Lalu, pada 1 November 2007, kejuaraan dunia resmi Mahjong diselenggarakan di Chengdu, Sichuan, Tiongkok dan berlangsung selama 5 hari. (*)

BACA JUGA

Terkait

culture

Asal-Usul Mahjong yang Sudah Ada Sejak Dinasti Ming

  • Lupita
  • 25 Jul 2021

culture

Profil Kota Mahjong di Chongqing

  • Djono W. Oesman
  • 24 Apr 2021

Culture

8 Fakta Mahjong, Permainan Asal Tiongkok yang Populer

  • Lupita
  • 30 Jan 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
18
9
11
0
1
2