Baca dalam 3 menit

Volume Paket Imlek 2021 di China Naik 400% Dibanding 2020

Waktu Publish : 20 Feb 2021, 18:34 WIB
Sumber : China Daily
SHARE ARTIKEL

Karyawan paket sortir ZTO Express di wilayah Donghai, provinsi Jiangsu. - Image from China Daily

Beijing, Bolong.id - Permintaan pengiriman barang dan jasa warga Tiongkok selama liburan Imlek kemarin, melonjak drastis. Karena sebagian besar warga merayakan Imlek di rumah masing-masing.

Pihak Agregator kurir, Cainiao Smart Logistics Network, konsorsium 10 perusahaan raksasa kurir di Tiongkok, mengatakan, Kamis (18/02/21) bahwa pengiriman paket meningkat empat kali lipat (400%) dibandingkan Imlek tahun lalu.

Tren dimulai 4 Februari 2021 di kota terbesar Tiongkok, Shenzhen dan Guangzhou di provinsi Guangdong, Tiongkok Selatan. Kemudian terjadi di kota-kota lain seluruh Tiongkok.

Lonjakan pengiriman paket disebabkan, keluarga mengirimkan makanan khas setempat kepada kerabat dan sahabat di kota lain. Menurut Cainiao, rata-rata jumlah paket yang dikirim dari kabupaten yang lebih kecil ke kota-kota besar naik 20 persen dari level 2020.

Provinsi dengan arus keluar penduduk yang besar seperti Gansu dan Guizhou, serta kotamadya Chongqing, mengalami pertumbuhan tahun-ke-tahun tertinggi dalam jumlah paket yang dikirim.

Momentum tersebut sejalan dengan konsumsi yang lebih luas yang terlihat selama perayaan. Kementerian Perdagangan mengatakan pada Rabu bahwa total pendapatan perusahaan utama di sektor ritel dan katering naik sebesar 28,7 persen dalam skala tahunan selama liburan selama seminggu dari 11 Februari hingga Rabu, menjadi 821 miliar yuan ($ 127,1 miliar). Angka tersebut melebihi pengeluaran liburan Festival Musim Semi pada 2019 sebesar 4,9 persen. Dilansir dari China Daily 19.02.2021

Sementara itu, makanan sehat dan makanan ala Barat mulai populer tahun ini. Misalnya, penjualan kue ejiao, yang secara tradisional dianggap sebagai makanan ringan bergizi, meningkat 4,2 kali lipat di JJDJ tahun-ke-tahun, sementara penjualan bubuk kenari dan madu masing-masing melonjak 4,1 kali dan 3,1 kali lipat.

Tren serupa terlihat di Tmall, di mana omset dari merek farmasi seperti Lei Yun Shang dan Tong Ren Tang hampir dua kali lipat dari tahun lalu.

Produk-produk impor dengan cepat menjadi magnet baru karena orang-orang untuk sementara dibatasi dari perjalanan keluar. Tmall melihat volume barang dagangan kotor anggur impor melonjak sepuluh kali lipat tahun-ke-tahun dari 4 Februari hingga Senin, sedangkan penjualan rum dan pasta masing-masing meningkat 8,8 kali dan 2,4 kali lipat, di JJDJ selama festival berlangsung.

Menginap juga memicu pengeluaran untuk permainan dan hiburan dalam ruangan. JJDJ mengatakan pengeluaran untuk permainan poker dua kali lipat di platform, sementara pengeluaran untuk permainan meja melihat pertumbuhan 35 kali lipat.

Di platform perdagangan bekas Alibaba, Xianyu, peralatan olahraga seperti mesin dayung dan tali lompat mengalami pertumbuhan yang mencolok, meskipun tidak ada angka rinci yang diberikan.

Staycation, sebuah portmanteau dari "stay" dan "vacation", sedang bersiap untuk menjadi favorit baru bagi mereka yang haus akan liburan liburan. Agen perjalanan online Fliggy melihat hotel bertema, seperti yang menampilkan esports atau yang melayani hewan peliharaan, melonjak 30 persen hingga 100 persen dalam label harga di kota-kota besar selama liburan yang lain melangkah lebih jauh untuk menjadikan bepergian sebagai praktik virtual. Fliggy mengatakan jumlah orang yang menonton siaran langsung wisata pemandangan hampir melonjak 10 kali lipat melalui platform dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. (*)

Alifa Asnia/Penerjemah

Terkait

culture

Museum Konfusius Menjaga Tradisi Agar Tetap Hidup

  • Lupita
  • 28 Feb 2021

news

Kisah Mantan Nelayan Rayakan Imlek di Darat untuk Pertama Ka...

  • Lupita
  • 28 Feb 2021

lifestyle

China Catat 256 Juta Perjalanan Turis Domestik Selama Libur ...

  • Lupita
  • 27 Feb 2021

lifestyle

Pendapatan Pariwisata China Selama Imlek Rp658 Triliun

  • Djono W. Oesman
  • 26 Feb 2021

culture

Festival Lampion dan Maknanya

  • Djono W. Oesman
  • 25 Feb 2021

news

Tiongkok Catat Lonjakan Penerbangan Kargo Luar Negeri Selama...

  • Lupita
  • 23 Feb 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong