Baca dalam 4 menit

Bandara Ngari Gunsa Hubungkan Prefektur Terpencil Tibet dengan Seluruh Tiongkok

Waktu Publish : 05 Jul 2020, 13:58 WIB
SHARE ARTIKEL

Bandara Ngari Gunsa, Tibet - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tibet, Bolong.id - Ngari, sebuah prefektur terpencil yang terletak di daerah perbatasan Daerah Otonomi Tibet, Tiongkok barat daya, sekarang terhubung ke bagian lain di negara itu, melalui Bandara Ngari Gunsa (阿里昆莎机场). Ngari, area seluas 340.000 persegi dengan jumlah penduduk 120.000 jiwa, djiuluki “puncak atap dunia”, karena memiliki ketinggian rata-rata lebih dari 4.500 meter. Pusat kantor administrasi Ngari, Kotapraja Shiquanhe, memiliki jarak lebih dari 1.300 km dari kota terdekat, yaitu Hotan di Xinjiang, 1.400 km dari Lhasa Tibet, dan 5.100 km dari Beijing.

Melansir People’s Daily, Bandara Ngari Gunsa (阿里昆莎机场) secara resmi dioperasikan pada tahun 2010, bandara ini merupakan bandara sipil pertama yang dibangun di barat laut Tibet. Hingga saat ini, Bandara Ngari Gunsa (阿里昆莎机场) telah membuka empat rute yang menghubungkan kota Lhasa, Kashgar, Urumqi, dan Xi'an. Bandara Ngari Gunsa (阿里昆莎机场), yang terletak 4.274 meter di atas permukaan laut, merupakan bandara tertinggi keempat di dunia. Dengan bangunan terminal seluas sekitar 4.000 meter persegi, bandara itu dapat mengoperasikan maksimal 4 penerbangan dan 300 penumpang per jam, pada waktu sibuk, kapasitas tahunannya direncanakan mencapai 120.000 penumpang. Karena kelembaban udara yang tipis, ketinggian rata-rata yang tinggi dan kondisi iklim lainnya, bandara itu menghadapi masalah pasokan air, listrik dan pemanas. Namun, pihak bandara memastikan operasi akan berjalan dengan aman.

Bandara Ngari Gunsa, Tibet - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Dengan adanya Bandara Ngari Gunsa (阿里昆莎机场) ini, masyarakat bisa mempersingkat waktu perjalanan dari Ngari ke Lhasa, yang biasanya memakan waktu lebih dari 40 jam perjalanan darat, hanya menjadi 2 jam saja. Juga memungkinkan penduduk di sana untuk datang ke kota-kota besar Tiongkok dalam satu hari.

Bandara ini secara signifikan meningkatkan jaringan transportasi di prefektur yang sebelumnya terisolasi, memicu perubahan di masyarakat dan pada pembangunan ekonomi dan sosial prefektur, berkat jalur perjalanan dan logistik yang lebih lancar. Penerbangan sipil telah berfungsi sebagai pendorong yang kuat dalam pembangunan ekonomi Ngari. Selain itu, bandara ini memberikan daya tarik investasi yang kuat dan membawa sumber daya pariwisata berkualitas tinggi.

Pemandangan Alam di Ngari, Tibet - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Mata pencaharian penduduk setempat pun meningkat berkat bandara ini. Saat ini, tidak lagi sulit bagi penduduk setempat untuk membeli barang-barang dari luar daerah seperti sayuran segar, buah-buahan dan makanan laut. Juga lebih nyaman bagi mereka untuk mencari pekerjaan, serta mengejar pendidikan dan mencari perawatan medis. (*)


Terkait

news

Slogan 'Boikot China' Lagi Tren di India, Apa Benar Segampan...

  • Della Shafira Putri
  • 25 Oct 2020

news

Perusahaan Tiongkok di India Didiskriminasi

  • Della Shafira Putri
  • 18 Aug 2020

news

Xi'an akan Buka Rute Kereta Barang Tiongkok-Eropa

  • Isna Fauziah
  • 01 Aug 2020

news

Blogger Amerika Bantu Dunia Dengar Opini Masyarakat Tiongkok

  • Yohana Intan
  • 31 Jul 2020

news

Tiongkok, AS Harus Mengatur Ulang Hubungan Antar Kedua Negar...

  • Yohana Intan
  • 31 Jul 2020

news

Daratan Tiongkok Melaporkan 105 Kasus COVID-19 Baru

  • Yohana Intan
  • 30 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong