Baca dalam 3 menit

Mana Chip Ponsel Terkuat? Apple, Huawei, atau Qualcomm?

Waktu Publish : 29 Jul 2020, 10:02 WIB
SHARE ARTIKEL

Chip Apple iPhone A14 - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir dari NetEase News, chip yang tampaknya sederhana merupakan komponen produk elektronik yang menentukan kinerja dan konsumsi daya produk elektronik. Maka, ketika konsumen memilih ponsel, mereka pertimbangkan chip.

Misalnya saja chip ponsel, pasar chip ponsel global saat ini biasanya didominasi oleh seri Huawei HiSilicon, Qualcomm dan Apple, mengingat Huawei HiSilicon dan chip Apple diproduksi sendiri.

Sedangkan Qualcomm telah menjadi pemasok chip andalan domestik high-end. Sekarang, setelah memasuki era 5G, persaingan di antara tiga produsen chip utama ini telah memasuki tahap panas-panasnya dalam hal kinerja produk.

Chip Huawei HiSilicon - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Kinerja chip Apple pada dasarnya di atas Qualcomm dan Huawei. Chip A14 yang akan dirilis Apple tahun ini adalah proses 5nm pertama, yang tidak hanya sangat mengurangi konsumsi daya, tetapi juga meningkatkan kinerja ponsel.

Sebenarnya, chip Huawei HiSilicon dan Qualcomm saat ini juga menggunakan proses 5nm, namun mengapa kinerja mereka tidak dapat bersaing dengan Apple?

Meskipun Apple, Huawei, dan Qualcomm semuanya adalah produsen menggunakan arsitektur ARM CPU, tetapi Huawei dan Qualcomm telah membuat perubahan kecil. Sementara Apple menggunakan tim desain chip profesional untuk menargetkan ARM CPU telah dimodifikasi untuk memaksimalkan kinerja prosesor.

Chip Qualcomm Snapdragon - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Di sisi lain, keunggulan prosesor seri-A Apple berasal dari GPU. Tidak seperti prosesor Qualcomm dan Huawei yang menggunakan teknologi GPU ARM, Apple memilih untuk bekerja sama dengan Imagination untuk membeli teknologi GPU terkini yang paling baik. Hal inilah yang menjadi daya saing utama ponsel Apple.

Akhirnya, di samping kelebihan CPU dan GPU, karena prosesor Seri-A Apple adalah produk yang dikembangkan sendiri, fitur prosesornya lebih kompatibel dengan hardware atau software ponsel. Inilah sebabnya konsumen lebih memilih sistem Apple iOS dan chip seri-A. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong