Baca dalam 6 menit

Mau Cegah Kanker? Makan Buah dan Sayuran Ini!

Waktu Publish : 03 Jul 2020, 09:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Buah Bit - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dalam program TV “Balai Pelestarian Kesehatan” (养生堂), ahli onkologi (bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker) Cong Minghua (丛明华) dan Liu Jinying (刘金英) memperkenalkan buah-buahan dan sayur-sayuran yang harus dikonsumsi setiap hari untuk mencegah kanker dan trombosis. Mereka mengatakan bahwa beberapa makanan pada umumnya mengandung unsur misterius untuk pencegahan kanker, karena mengandung banyak phytochemical, yaitu nutrisi yang ditemukan pada makanan nabati. Dengan menghambat angiogenesis, efek anti-kanker akan tercapai.

Kedua ahli ini melakukan percobaan terhadap tiga cawan petri yang diisi dengan sel-sel kanker kolorektal, lalu mereka menempatkan ekstrak makanan “anti kanker” dengan dosis yang berbeda-beda pada tiap cawan petri tersebut. Setelah 48 jam, hasilnya menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dengan dosis ekstrak terbesar memiliki efek terbaik pada menghambat sel kanker. Nah, berikut ini adalah daftar sayuran dan buah-buahan yang dapat menjadi “anti kanker”!

1. Wortel dan Labu (Mengandung Karotenoid)

Labu - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Karoten yang ada dalam dua jenis sayuran ini adalah provitamin A (yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh manusia). Sebuah survei di Eropa menunjukkan bahwa wanita yang sering makan makanan vegetarian yang kaya akan wortel memiliki tingkat kemungkinan risiko kanker payudara yang rendah (40% hingga 60%). Selain wortel dan labu, mangga, jeruk, serta buah dan sayuran berwarna oranye juga kaya akan karoten lho!

2. Semangka dan Tomat (Mengandung Lycopene)


Tomat - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Kandungan lycopene yang dimiliki tomat memiliki efek antioksidan yang kuat. Sebuah studi Universitas Harvard menemukan bahwa asupan lycopene harian pada pria (lebih dari 6,5 mg per hari) dapat mengurangi risiko kanker prostat hingga 21%. Kandungan asupan lycopene yang tinggi tinggi juga dapat mengurangi risiko kanker kerongkongan, kanker mulut, kanker lambung, kanker kolorektal, dan kanker paru-paru. Kandungan lycopene juga ditemukan pada jeruk bali lho.

3. Delima dan Anggur (Mengandung Polifenol)

Delima - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Senyawa polifenol memiliki sifat antioksidan yang baik, dan dapat bersinergi dengan antioksidan lain seperti vitamin C, karoten, dll untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh manusia. Selain delima dan anggur, teh juga memiliki kandungan polifenol.

Cong Minghua (丛明华) juga memperkenalkan bahwa "sayuran dan buah-buahan anti-kanker" dibagi menjadi tiga tingkatan menurut jumlah bahan anti-kanker dan efek anti-kanker, yaitu:

1. Anti-Kanker Tingkat Pertama:

Wortel, tomat, brokoli, labu, kol ungu, bit, apel, lemon

2. Anti-Kanker Tingkat Kedua:

Produk kedelai, bawang putih, bawang ungu, jamur shiitake, kol

3. Anti-Kanker Tingkat Ketiga:

Sayuran berdaun hijau pada umumnya

Selain sayur dan buah-buahan yang disebutkan di atas, sayur dan bua-buahan yang tampaknya biasa pun ada yang memiliki efek anti-kanker yang baik, berikut daftarnya!

1. Kepala Bit

Kepala bit mengandung bahan yang sangat penting yang disebut betaine, dan ada banyak flavonoid, yang memiliki efek antitrombotik dan antioksidan yang baik. Penelitian di luar negeri juga membuktikan bahwa efek anti-kankernya juga luar biasa.

2. Tomat

Lycopene dalam tomat adalah nutrisi yang larut dalam lemak dan memiliki efek anti-kanker yang baik. Disarankan untuk memakannya dua hari sekali, dan dimakan bersama dengan kulitnya.

3. Apel

Buah berkulit merah ini kaya akan proanthocyanidins dan quercetin, yang memiliki efek anti-kanker dan anti-angiogenik yang baik. Banyak penelitian asing yang telah membuktikan bahwa makan lebih dari satu apel sehari akan mengurangi timbulnya penyakit gastrointestinal yang berhubungan dengan kanker paru-paru. Perlu diingat kalau makan apel harus dengan kulitnya, ya!

Nah, kalau ingin mengonsumsi sayur dan buah dalam waktu yang bersamaan, bisa juga nih ikuti resep jus dan sup ini!

Jus Sayuran Anti-Kanker

Bahan-bahan: 100 g wortel, 50 g bayam, 50 g lobak, 50 g tomat, 50 g kubis, 10 g minyak zaitun (minyak zaitun bisa diganti dengan kacang-kacangan). Sebelum dibuat jus, jangan lupa direbus terlebih dahulu ya bahan-bahannya!

Sup Sayuran Anti-Kanker

Bahan-bahan: Kepala bit, tomat, brokoli, wortel, bawang, kubis ungu, jagung yang dipotong-potong kecil. Bisa juga menambahkan sedikit daging sapi untuk suplemen protein tambahan.

Langkah: Pertama-tama panaskan panci, tambahkan 5 gram minyak zaitun atau minyak biji rami, tumis tomat, wortel, bawang, tambahkan semua bahan yang tersisa, tambahkan air dan didihkan sambil tambahkan bumbu sesuai selera.

Dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran minimal 300 gram sehari. Namun perlu diingat, walaupun sayuran dan buah-buahan di atas memiliki efek anti-kanker, tapi mereka tidak pernah dapat menggantikan obat kanker ya!

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong