Baca dalam 3 menit

Inilah Fakta Mukbang yang Belum Terungkap

SHARE ARTIKEL

Eat With Boki, Salah Satu Youtuber Mukbang asal Korea Selata -  Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir dari Sina News, baru-baru ini video acara makan mukbang memang sangat populer. Mukbang atau meokbang dalam bahasa Korea yang berarti makan banyak, berasal dari Korea Selatan sejak 2010 silam. 

Sejak saat itu video mukbang menjadi terkenal di seluruh dunia, dan tak hanya orang Korea saja yang membuat video makan banyak tersebut. Sekarang video mukbang bisa banyak kita jumpai di Youtube.

Biasanya dalam video mukbang, menampilkan seorang gadis bertubuh kurus yang melahap mangkuk demi mangkuk makanan. 

Kemampuannya mengonsumsi makanan dalam porsi besar inilah yang membuat netizen kagum dan penontonnya pun kian banyak. Bahkan di aplikasi Douyin saja, penayangan video mukbang melampaui 7,17 miliar.

Terkait banyaknya netizen yang menggemari mukbang ini, Zhu Wei (任朱巍), wakil direktur Pusat Penelitian Hukum Komunikasi Universitas Ilmu Politik dan Hukum Tiongkok (中国政法大学传播法研究中心) mengatakan, hal ini tak mengherankan sebab makanan memang dekat dengan kehidupan manusia. 

Konten makanan juga mudah dikaitkan dengan e-commerce, yang dapat memicu keinginan audiens untuk membeli makanan tersebut.

Namun siapa sangka, ternyata ada juga youtuber mukbang yang memuntahi makanannya. Ada rekaman video mukbang di Tiongkok, di mana aktor mukbang tidak menelan makanannya dan malah membuangnya ke tempat sampah.

Tak hanya itu, beberapa netizen yang pernah mengaku sebagai “raja perut buncit” atau youtuber mukbang mengatakan, memang mereka jadi tenar, namun mereka pun terlilit hutang karena harus membeli makanan dalam jumlah banyak.

Terkait kesehatan, sepertinya tidak perlu ditanyakan lagi mengenai ancaman kesehatan dari mukbang ini. 

Juni lalu, seorang aktor mukbang berusia 30 tahun asal Shenyang meninggal karena pendarahan otak mendadak, disebabkan konsumsi jangka panjang makanan berkalori dan berlemak tinggi selama siaran mukbang.

Zhu Yi (朱毅), seorang profesor di Sekolah Ilmu Pangan dan Teknik Gizi Universitas Pertanian Tiongkok (中国农业大学食品科学与营养工程学院), mukbang akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tubuh. 

Mukbang akan menyebabkan muntah dan refluks asam, yang tidak hanya merusak mukosa esophagus, gastroesophageal reflux dan esophagitis, tetapi juga merusak gigi. (*)

Terkait

culture

Inilah Fakta Mukbang yang Belum Terungkap

  • Della Shafira Putri
  • 21 Aug 2020
Logo follow bolong