Baca dalam 3 menit

Begini Kondisi Gansu, Provinsi Termiskin di China

SHARE ARTIKEL

Gansu - Image from Lonely Planet

Gansu, Bolong.id - Upaya memberantas kemiskinan terus berlanjut di Tiongkok, yang mencakup Provinsi Gansu Tiongkok Barat Laut, di mana 8 kabupaten di wilayah itu warganya masih miskin.

Sejauh ini, sekitar 5,5 juta orang telah terangkat dari kemiskinan di provinsi barat laut. Tapi Gansu adalah salah satu provinsi paling miskin di Tiongkok. Serangkaian kebijakan investasi dilakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Daerah miskin berada di daerah terpencil dan pegunungan. Kabupaten Tanchang, salah satunya. Terletak di pegunungan. Desa Shanbei dan Luowan dulu miskin parah dan sering ditimpa bencana alam sporadis.

"Ketinggian di sini sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Pegunungan batu cadas tertutup awan dan lahan pertanian kecil tergantung di wilayah pinggang pegunungan," kata Cai Hongming, Sekretaris Partai Kota Lianghe di Kabupaten Tanchang.

Tempat tinggal penduduk desa Shanbei - Image from CGTN

Pemerintah daerah menganggap strategi relokasi adalah cara terbaik untuk membantu mereka. Sekarang desa-desa itu berada di daerah pemukiman yang jauh lebih aman dan nyaman di pusat kabupaten.

Dan tempat yang mereka tinggali telah diubah menjadi tempat wisata. Pemandangan indah di sana turut mengembangkan pariwisata. Tempat pemandangan baru, baru saja dibuka pada Juni 2020 dan sejak itu telah menarik lebih dari 100.000 wisatawan. Penduduk desa sekarang menerima dividen dari pengembang. Beberapa juga dipekerjakan untuk bekerja di sana.

"Tempat indah ini dekat dengan rumah saya. Saya bisa bekerja di sini dan merawat anak-anak serta orang tua saya. Sekarang saya bisa menghasilkan CNY 2.600 (Rp5,6 juta) sebulan," kata warga desa Wang Saifang.

Tempat indah Shan Wan Meng Gu yang dibangun di situs asli de - Image from CGTN

Dan bagi penduduk desa yang direlokasi, hidup mereka berubah drastis. Mereka sekarang tinggal di tempat tinggal dengan fasilitas dan memiliki akses yang lebih mudah ke perawatan medis dan pendidikan untuk anak-anak mereka. Yang terpenting dari semuanya, mereka berpenghasilan lebih baik dari sebelumnya.

Yang Rangxue dan istrinya sekarang bisa mendapatkan penghasilan tiga kali lipat dari penghasilan mereka sebelumnya. “Kami dulu tinggal di pegunungan dan berpenghasilan sedikit. Sekarang setelah kami pindah ke sini, penghasilan kami stabil. Saya dan istri sekarang bekerja sebagai supir taksi, dan kami bekerja secara shift,” kata Yang.

Menanam tanaman untuk pengobatan tradisional Tiongkok juga membantu penduduk setempat bertahan hidup. Tanchang County terkenal sebagai "kota tumbuh-tumbuhan berusia seribu tahun".

Dilansir dari CGTN, industri ini telah menyediakan pekerjaan bagi lebih dari 70.000 penduduk desa miskin di Tanchang. Tahun lalu, lebih dari 1.000 toko online dibuka di wilayah tersebut, membantu meningkatkan pendapatan 760 rumah tangga miskin. (*)

Terkait

culture

Begini Kondisi Gansu, Provinsi Termiskin di China

  • Isna Fauziah
  • 21 Nov 2020
Logo follow bolong