Pameran Keramik Kuno Perkenalkan Peradaban China Abad Ketiga sampai Kesembilan

logo clock 3 Menit logo clock 15-10-2020, 11:40

Pameran keramik kuno - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Sebuah pameran di Beijing mengungkap misteri dan sejarah dari industri pembuatan keramik pada masa lampau. 

Keramik-keramik kuno itu adalah saksi mata evolusi peradaban Tiongkok dari abad ketiga hingga kesembilan. Alih-alih dikurasi berdasarkan kronologi atau geografi, 200 atau lebih objek keramik disusun menjadi empat subjek: Anchoret, Sutra, Alkimia, dan Singa. Setiap konsep mewakili aspek budaya, sosial, atau sejarah yang signifikan dari periode tersebut. 

"Anchoret" mengacu pada keluarga yang kuat dan berpengaruh yang selama beberapa generasi memegang posisi resmi penting di Dinasti Wei, Jin, Utara dan Selatan. Pada awal abad ketiga, klan cendekiawan-perwira, yang gagal mengejar karir resmi di pemerintahan, menjadi skeptis terhadap etika Konfusianisme. Demikian dilansir dari CGTN, Rabu (14/10/2020). 

"Mereka mulai mengejar cara hidup yang lebih filosofis dan tertutup, mengadvokasi pembebasan individu dan kebebasan spiritual. Hal ini, pada gilirannya, sangat mengubah cara artefak keramik diproduksi dan diapresiasi," kata Lei Wanwan, pendiri M WOODS Art Museum.

Bagian penting lainnya berjudul "Sutra" menampilkan ajaran Buddha. Tiongkok mengalami kekacauan politik dan sosial yang parah dari abad ketiga hingga keenam. Agama sangat melegakan orang-orang yang menderita dalam hidup. Hasilnya, citra Buddha sangat dikenal dalam seni keramik selama periode ini.

Pada zaman kuno, kebanyakan benda keramik berfungsi sebagai alat produksi, perkakas sehari-hari atau barang pemakaman. Mereka tidak dianugerahi nilai estetika seperti saat ini. Tapi ini berangsur-angsur berubah seiring perkembangan teknik pembuatan. Mangkuk Ling Long adalah contoh yang bagus dari pengembangan tersebut. 

Mangkuk Ling Long - Image from CGTN

Petugas tempat pembakaran membuat lubang kecil di porselen. Setelah dibakar untuk dibentuk, mereka mengolesi seluruh badan porselen dan memasukkannya ke dalam tungku pembakaran. Glasir mengalir melalui alat pembakaran dan menutupi lubang. Saat cahaya masuk, mangkuk bersinar seperti bintang di langit malam.

“Mangkuk Ling Long sangat penting karena ini adalah satu-satunya mangkuk Ling Long utuh sempurna yang diketahui di dunia. Peralatan Ling Long dicirikan oleh ornamen lubang uniknya, yang biasanya di benak kita, terbuat dari dinasti Ming dan Qing. Namun, dari objek ini kita bisa melihat bahwa teknik tersebut sebenarnya sudah dipraktikkan pada masa Dinasti Sui, ”kata Lei.

Pameran yang menampilkan perkembangan keramik antara abad ketiga dan kesembilan berlangsung hingga 3 Januari 2021 di M WOODS Art Museum. (*)


Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

Yuk, Simak 30 Fakta tentang China Ini!

 

logo clock 20-10-2020, 14:57
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Tren Restoran Bertema Hewan Peliharaan, Apakah Aman Bagi Pelanggan?

 

logo clock 20-10-2020, 14:23
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ayo Cek 8 Fakta tentang Bahasa Mandarin yang Perlu Kalian Tahu!

 

logo clock 20-10-2020, 13:16
logo clock Baca ini dalam 7 Menit
logo share

Siter China Sambut Musim Semi di Selandia Baru dengan Ansambel Bunga Melati

 

logo clock 20-10-2020, 10:35
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kartunis Dunia Bersatu di Pusat Kebudayaan China di Kairo

 

logo clock 20-10-2020, 10:31
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral