Pameran di Hangzhou Tawarkan Pengalaman yang Imersif

logo clock 4 Menit logo clock 13-10-2020, 13:08

Pameran Exit di Hangzhou - Image from Global Times

Hangzhou, Bolong.id - Ketika kehidupan di Tiongkok kembali normal, berbagai bentuk hiburan, dari konser hingga pameran, telah muncul kembali di kota-kota seluruh negeri. Selama akhir pekan, orang-orang mulai mengantri masuk berbagai pertunjukan seperti pameran bertema Claude Monet yang terkenal di Shanghai dan pameran instalasi yang menampilkan sejumlah seniman veteran dan menjanjikan di Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang, Tiongkok Timur. 

Pameran “Exit” yang sedang berlangsung, merupakan pameran pertama dipamerkan di ruang XIXI LIVE baru di Hangzhou, mencakup dua layar LED melengkung raksasa dan celah sempit untuk pengunjung, yang dapat masuk ke dalam instalasi yang seluruhnya terbuat dari tangga, lorong, dan koridor. Mengunjungi pameran terasa seperti melakukan ekspedisi melalui penglihatan dan suara saat video diputar di dua layar dan monitor berbagai ukuran yang tersembunyi pada instalasi. Demikian dilansir dari Global Times, Senin (12/10/2020). 

Pengunjung menikmati pameran Exit - Image from Global Times

Seniman yang bepartisipasi telah memanfaatkan kombinasi citra yang dihasilkan komputer dan contoh realitas untuk menciptakan sinergi visual dan suara yang menciptakan pengalaman mendalam dari tekstur yang berbeda di seluruh struktur multi-dimensi. 

Pameran Exit - Image from Global Times

Menurut kurator Guo Xi dan Wu Juehui - anggota dari UFO Media Lab, organisasi di balik pameran tersebut mengatakan bahwa acara itu bukan hanya sebuah pameran, tetapi sebuah proyek seni yang melibatkan seniman ternama Tiongkok yang menciptakan tur seni yang unik bagi pengunjung.

“Melalui ruang dan waktu, Exit adalah pelabuhan antara dua titik. Bukan hanya ventilasi untuk tempat ini, tetapi juga pintu masuk di ujung lainnya. Melalui Exit, kami menyelesaikan transformasi ruang dan menghentikan rutinitas sehari-hari, melarikan diri dari dunia,” kata Guo. 

Guo, Wu, dan mitra seniman mereka, yang meliputi Feng Hao, Kanes, Flow-er dan Anyang, memiliki pengalaman yang kaya dalam merencanakan pameran media baru yang serupa, tetapi untuk pameran di XIXI LIVE, mereka merasa perlu berbuat lebih banyak karena ruangannya dirancang untuk menjadi panggung pertunjukan live, ruang pameran, live house, dan banyak lagi. 

Ruang baru ini merupakan eksperimen Dong Yilin, pendiri XIXI LIVE, untuk menciptakan tempat di mana kaum muda bisa berkumpul, bersosialisasi, dan menghibur diri. 

“Sejujurnya, saya tahu bahwa sulit untuk mengadakan pameran seperti itu di ruang kami, karena tidak dirancang sebagai ruang pameran. Tapi akhirnya kami berhasil dengan bantuan mitra seperti UFO,” kata Dong, yang kaya akan pengalaman mengorganisir pertunjukkan live dan produksi teater di Hangzhou. 

Bekerja dengan studio lokal Hangzhou telah membuat Dong berharap bahwa semakin banyak anak muda yang datang ke pameran. (*)

Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

Film Dokumenter Perang Korea Tayang di CCTV sampai Jumat

 

logo clock 22-10-2020, 15:10
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Keren... Blazer Merk China Ini Sedang Tren

 

logo clock 22-10-2020, 14:50
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Diterbitkan, Buku tentang Guru dan Mahasiswa Shanghai Terjebak Lockdown di Kampus

 

logo clock 22-10-2020, 14:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral, Video Siswa Menari Tiru Lukisan Dinding Gua Mogao

 

logo clock 22-10-2020, 13:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Bukti Ritual Pengorbanan Manusia Ditemukan di Bagian Barat Laut China

 

logo clock 22-10-2020, 10:08
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral