Baca dalam 3 menit

ByteDance Akan Tempatkan Markas Global TikTok di AS

Waktu Publish : 17 Sep 2020, 15:21 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi TikTok dan Bendera Amerika Serikat - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Amerika Serikat, Bolong.id - ByteDance telah memutuskan untuk menempatkan markas global TikTok di Amerika Serikat, mengantisipasi sikap Presiden AS Donald Trump melarang pengoperasian TikTok di sana.

Rencananya, ByteDance akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas dari perusahaan baru yang bermarkas di AS. Sementara Oracle, perusahaan yang mengakuisisi TikTok di AS akan menjadi pemegang saham minoritas, demikian laporan dari CGTN News, Kamis (17/9/20).

Calon investor AS lainnya, seperti Walmart yang telah meluncurkan penawaran bersama dengan Microsoft, akan memiliki saham minoritas.

Namun, pihak yang ikut bernegosiasi menekankan bahwa detail spesifik dari rencana tersebut dapat berubah.

Pihak ketiga akan berfungsi sebagai direktur independen perusahaan baru, dan ByteDance akan terus mengontrol TikTok AS dan algoritma intinya. Untuk meredakan kekhawatiran AS tentang "keamanan nasional," data TikTok AS akan disimpan di AS, dan Oracle akan berfungsi sebagai penyedia layanan data.

"Ada juga komitmen untuk menciptakan TikTok Global sebagai perusahaan yang berkantor pusat di AS dengan 20.000 pekerjaan baru," kata Menteri Keuangan Steven Mnuchin pada Senin (14/9/20) wawancaranya dengan CNBC. Mnuchin menambahkan bahwa Oracle akan menjadi mitra teknologi terpercaya.

Pada hari yang sama saat Mnuchin membuat pernyataan tersebut, ByteDance juga mengatakan tidak akan menjual operasi TikTok AS ke Microsoft atau Oracle, juga tidak akan memberikan kode sumber kepada pembeli AS manapun.

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
23
14
13
0
1
2