Baca dalam 3 menit

Mnuchin: AS Akan Tinjau Proposal Oracle untuk Akuisisi TikTok

Waktu Publish : 15 Sep 2020, 11:30 WIB
SHARE ARTIKEL

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Amerika Serikat, Bolong.id – Senin (14/9/20), Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan, pemerintahan Trump akan meninjau proposal yang diterima dari Oracle Corp untuk mengakuisisi TikTok di AS pada minggu ini.

Mnuchin mengatakan Oracle sebagai "mitra teknologi terpercaya" untuk TikTok. Oracle juga dapat mewakilkan penyelesaian masalah keamanan nasional AS, dikutip dari CGTN News, Selasa (15/9/20).

"Kami sangat percaya pada Microsoft dan Oracle, ByteDance telah memilih Oracle, kami akan meninjaunya dengan tim teknis mereka (ByteDance) dan tim teknis kami untuk melihat apakah Oracle dapat membuat representasi" untuk menjaga keamanan data di ponsel Amerika, kata Mnuchin kepada CNBC.

Mnuchin mengatakan bahwa 20 September merupakan batas waktu terakhir untuk kesepakatan tersebut. Dua investigasi terhadap TikTok akan dilakukan: satu review yang dilakukan oleh Committee on Foreign Investment in the United States (CFIUS) dan satu lainnya review keamanan nasional berdasarkan perintah eksekutif Trump sebelumnya.

Ia menambahkan bahwa Departemen Keuangan AS akan meninjau rencana yang relevan dengan komite CFIUS dan membuat rekomendasi kepada Presiden AS.

Selain itu, Mnuchin mengatakan bahwa kesepakatan Oracle mencakup semua saran untuk menjadikan TikTok Global sebagai perusahaan baru. Oracle akan menggunakan Amerika Serikat sebagai markas besarnya dan menciptakan 20 ribu lapangan pekerjaan baru untuk negara tersebut.

Oracle mengonfirmasi pernyataan Mnuchin tersebut. Pihaknya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari proposal yang diajukan oleh ByteDance ke Departemen Keuangan AS pada akhir pekan lalu, di mana Oracle akan bertindak sebagai penyedia teknologi terpercaya.

Oracle sendiri memiliki hubungan penting dengan administrasi Trump. Mantan co-CEO Oracle Safra Catz adalah anggota tim transisi Trump dan penggantinya Larry Ellison, menyelenggarakan acara penggalangan dana untuk kampanye pemilihan Trump di salah satu rumahnya di California pada awal 2020 ini, menurut CNBC.

Meski demikian, ByteDance Ltd., perusahaan induk TikTok, menolak mengomentari kesepakatan tersebut.

Sebelumnya, ada laporan yang mengatakan jika ByteDance tidak akan menjual operasi TikTok AS ke Microsoft atau Oracle, ByteDance juga tidak akan memberikan kode kepada pembeli AS manapun. (*)


Terkait

news

Trump Bersikeras untuk "Malak" Kompensasi dari TikTok?

  • Della Shafira Putri
  • 08 Sep 2020

news

Trump Berikan ByteDance Waktu Negosiasi 45 Hari dengan Micro...

  • Della Shafira Putri
  • 04 Aug 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong