Tiongkok Perkuat Kerja Sama dengan ASEAN

logo clock 3 Menit logo clock 15-09-2020, 05:01

Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN, Deng Xijun (邓锡军) - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Jakarta, Bolong.id – Dalam video konferensinya,  Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Deng Xijun (邓锡军) mengatakan beberapa poin mengenai hubungan Tiongkok dan ASEAN, terutama dalam masa pandemi ini.

Deng (邓) mengatakan, Tiongkok akan terus membantu ASEAN selama pandemi COVID-19. Selama lonjakan kasus COVID-19 masih ada di seluruh dunia, Tiongkok memprioritaskan kooperasi dalam menekan kasus COVID-19.

Menurut Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi (王毅), Tiongkok sudah membuat kemajuan yang baik dalam penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19. Ia menambahkan, Tiongkok akan memprioritaskan negara-negara ASEAN dalam distribusi vaksin COVID-19.

Kerja sama penelitian vaksin COVID-19 Tiongkok-ASEAN merupakan suatu kerja sama yang akan membantu perkembangan vaksin di masa depan. Tak hanya itu, Tiongkok juga akan memberikan dukungan secara materi terkait COVID-19 di ASEAN, serta memberikan kontribusi jika terjadi sesuatu yang darurat, juga memberikan pasokan alat medis ataupun obat-obatan.

Tiongkok juga akan membentuk mekanisme darurat terkait kesehatan masyarakat Tiongkok-ASEAN. Selain itu, Tiongkok akan mendorong program pelatihan SDM, kesehatan, layanan, dan kerja sama lain antara masyarakat Tiongkok-ASEAN.

Tiongkok akan terus berupaya untuk mendorong pemulihan ekonomi regional dan ekonomi Tiongkok-ASEAN. Tiongkok ingin bersama-sama dengan ASEAN untuk mengimplementasikan lebih banyak proyek, guna tingkatkan konektivitas dan pembangunan regional. Para menteri Tiongkok-ASEAN percaya, kerja sama ekonomi Tiongkok-ASEAN akan sangat membantu perkembangan industri di masa depan. Seperti ekonomi digital, manufaktur AI 5G, dan big data.

Seperti yang dikatakan Wang Yi (王毅) Tiongkok menganggap negara-negara ASEAN dalam kerja sama bilateral, meningkatkan jaringan multilateral, dan kegiatan bisnis.

Tiongkok juga mempromosikan kerjasama dalam pembangunan berkelanjutan. Menteri Tiongkok dan ASEAN sepakat untuk membentuk pembangunan berkelanjutan yang mendesak guna mengatasi COVID-19. Kedua pihak akan memperkuat kerja sama dalam pencegahan dan penanggulangan bencana, perubahan iklim, dan perlindungan lingkungan.

Kedua belah pihak pun berharap dapat menyelesaikan negosiasi tentang rencana jangka panjang untuk 5 tahun ke depan (2021-2025). Misalnya tindakan untuk melaksanakan deklarasi bersama pada kemitraan strategis, perdamaian, dan kemakmuran Tiongkok-ASEAN.

Menteri Tiongkok-ASEAN secara komitmen memprioritaskan kerja sama dalam bidang pendidikan, budaya, media, berita, dll. Tak hanya itu, Tiongkok dan ASEAN akan terus bersama-sama menjunjung stabilitas di Laut Tiongkok Selatan. (*)


Penulis : Della Shafira Putri
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Hakim AS Tidak Setuju Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

 

logo clock 24-10-2020, 13:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Langgar Komitmen Terkait Paspor BNO, China Tak Akan Tinggal Diam

 

logo clock 24-10-2020, 12:17
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Perkuat Kerjasama dengan Bangladesh dan Maroko Pasca Pandemi

 

logo clock 24-10-2020, 11:41
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Donald Trump Bilang Vaksin COVID-19 Sudah Siap, Ini Faktanya

 

logo clock 24-10-2020, 07:07
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral