Baca dalam 3 menit

Astronot China yang Mengangkasa Kini Bisa Telepon ke Rumah

Waktu Publish : 23 Jun 2021, 15:15 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

Para astronot di dalam pesawat ruang angkasa Shenzhou-12 - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Satelit Tianlian milik Tiongkok dapat membantu astronot di pesawatnya (angkasa luar), berkomunikasi (talkonout) dengan orang Bumi, termasuk ke rumah, keluarga astronot tersebut. Ini kemajuan luar biasa.

Dilansir dari CGTN Rabu (23/6/2021), Tiongkok kini mengoperasikan lima satelit relai pelacak data termasuk empat Tianlian I dan Tianlian II-01 yang berfungsi penghentian transmisi data, mencakup satelit dan pesawat ruang angkasa berawak di orbit Bumi menengah dan rendah.

“Jika Tanlian I adalah jalan raya dengan dua lajur, Tianlian II dapat dilihat sebagai jalan raya empat lajur di mana lebih banyak kendaraan dapat lewat dan berlari lebih cepat,” kata Ma Chao, insinyur di lembaga penelitian teknologi komunikasi ruang angkasa di Beijing, dalam wawancara dengan Tiongkok Media Group.

Tanpa rantai satelit, stasiun luar angkasa yang berada 400 kilometer di atas Bumi hanya akan berkomunikasi dengan stasiun pelacak di darat.

Ketika taikonaut pertama Tiongkok Yang Liwei bekerja di luar angkasa pada tahun 2003, ia dapat melakukan beberapa panggilan luar angkasa tetapi dalam slot waktu yang ketat.

Namun, sinyal akan turun ketika pesawat ruang angkasa berawak mengorbit keluar dari area di mana koneksi langsung dapat dibuat.

Karena cakupan stasiun pelacak yang terbatas, area buta untuk stasiun ruang angkasa sangat luas, yang menimbulkan risiko besar bagi pengoperasian pesawat ruang angkasa berawak.

Dari tahun 2008 hingga 2012, Tiongkok meluncurkan tiga satelit pelacak data dan relai yaitu Tianlian I-01, Tianlian I-02 dan Tianlian I-03 secara berturut-turut.

Rantai satelit telah menjadikan Tiongkok negara kedua di dunia yang memiliki sistem satelit relai yang mencakup satelit orbit menengah dan rendah dan pesawat ruang angkasa berawak.

Pada tahun-tahun berikutnya, Tianlian I-04 mengorbit pada tahun 2016 dan kemudian Tianlian II-01 diluncurkan sebagai satelit generasi kedua yang pertama di tahun 2019.

Semua satelit akan berkolaborasi untuk meningkatkan pelacakan dan transmisi data. Tianlian II-01 digunakan untuk pertama kalinya dalam misi berawak, yang dapat memantau beberapa target serta memberikan kinerja yang lebih baik dengan efisiensi yang lebih tinggi.

Tianlian I-05, Tianlian II-02 dan Tianlian II-03 sedang dalam pengembangan sekarang. (*)

Terkait

news

Astronot Shenzhou 13 Sukses Bergabung Dengan Pesawat Kargo T...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

technology

Bahas Kehidupan Astronot Wanita di Luar Angkasa

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

Astronot Shenzhou-13 Memasuki Modul Inti Stasiun Luar Angkas...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

Dari 3 Astronot Shenzhou-13 Ini, Wang Yaping Paling Cantik

  • Djono W. Oesman
  • 15 Oct 2021

news

Upacara Buka Kapsul Satelit Shenzhou-12

  • Djono W. Oesman
  • 29 Sep 2021

health

Turunkan Berat Badan? Cobain 4 Manfaat Buah Apel

  • Lupita
  • 28 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong