Baca dalam 3 menit

Inilah Hasil Dialog Wang Yi dengan Menlu RI Retno Marsudi

Waktu Publish : 08 Jun 2021, 12:51 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

Menlu RI Retno dan Wang Yi - Image from 163.com

Chongqing, Bolong.id - Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi di Chongqing, Tiongkok, Senin, 7 Juni 2021.

Dilansir dari China News pada Selasa (8/6/2021), Wang Yi mengatakan bahwa Indonesia adalah negara berkembang yang penting dan ekonominya sedang berkembang.

Tiongkok sangat mengutamakan hubungan antara Tiongkok dan Indonesia.

Wang Yi kepada Retno Marsudi mengatakan: "Anda adalah menteri luar negeri yang paling banyak mengunjungi Tiongkok sejak munculnya wabah Corona, sepenuhnya menunjukkan bahwa tingginya pertukaran dan interaksi antara Tiongkok-Indonesia."

Mereka sudah berdialog tentang kerjasama tingkat tinggi Tiongkok-Indonesia. Dan, mencapai serangkaian hasil penting.

Wang Yi mengatakan: "Saya bersedia untuk terus bekerja sama dengan Anda untuk memajukan kemitraan strategis yang komprehensif antara Tiongkok dan Indonesia, memperkuat kekuatan negara-negara berkembang, dan memberikan kontribusi baru untuk pemeliharaan perdamaian dan pembangunan regional dan dunia."

Tiongkok mendukung Indonesia untuk menjadi pusat produksi vaksin regional, dan akan memperdalam kerjasama dengan Indonesia di seluruh rantai industri penelitian dan pengembangan vaksin, produksi dan distribusi.

Ini akan membantu mempromosikan distribusi vaksin yang adil dan masuk akal di dunia.

Menlu RI Retno dan Wang Yi - Image from Situs Web Resmi Kementerian Luar Negeri Tiongkok

Wang Yi mengatakan bahwa tahun ini menandai peringatan 30 tahun terjalinnya hubungan dialog antara Tiongkok dan ASEAN. Tiongkok berharap dapat bekerja sama dengan Indonesia. Merangkum pengalaman penting selama 30 tahun terakhir, merencanakan arah strategis untuk 30 tahun ke depan.

Retno mengucapkan selamat kepada kedua negara karena berhasil mengadakan pertemuan pertama mekanisme dialog dan kerja sama tingkat tinggi, dengan mengatakan bahwa pembentukan mekanisme baru ini akan membantu kedua belah pihak untuk lebih mengoordinasikan kerja sama di berbagai bidang.

Indonesia berterima kasih kepada Tiongkok atas dukungannya untuk perjuangan Indonesia melawan pandemic covid-19, terutama kerjasama vaksin skala besar dengan Indonesia, dan berharap Tiongkok akan terus mendukung Indonesia dalam membangun pusat produksi vaksin regional.

Juga kerjasama mendorong pemulihan ekonomi kawasan yang cepat, memelihara perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan. (*)

Terkait

business

KA Jawa-Bandung Karya China-RI Kecepatan 350 Km per Jam

  • Djono W. Oesman
  • 21 May 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong