Baca dalam 3 menit

China Teliti Sampel Tanah dari Bulan

Waktu Publish : 14 Jul 2021, 08:26 WIB
Sumber : 新华网
SHARE ARTIKEL

Suasana pertemuan - Image from Xinhuanet

Beijing, Bolong.id – Tiongkok pada Senin mendapatkan 17 gram sampel tanah bulan yang dibawa satelit Chang'e-5. Sampel itu diteliti di Pusat Program Eksplorasi dan Antariksa Bulan di Tiongkok.

Dilansir dari Xinhuanet.com ( 新华网 ) pada Senin (12/07/21), Liu Jizhong, direktur pusat tersebut, mengatakan bahwa ini adalah batch pertama sampel bulan yang dikirim ke lembaga penelitian. Lebih banyak sampel akan dirilis dan dikirimkan di masa mendatang sesuai rencana.

Berharap bahwa semakin banyak lembaga penelitian akan mengambil bagian dalam studi sampel bulan di masa depan, Liu mengatakan Tiongkok bersedia untuk mempromosikan kerja sama internasional dan mengundang ilmuwan asing untuk penelitian bersama tentang sampel bulan.

Dia mencatat bahwa probe Chang'e-6 Tiongkok juga akan membawa kembali sampel bulan dan pengambilan sampel di Mars dan asteroid telah dimasukkan dalam rencana jangka panjang.

Pei Zhaoyu, wakil direktur pusat dan direktur Kantor Manajemen Sampel Bulan, memberi tahu pers bahwa pusat tersebut telah menerima 85 aplikasi dari 37 pelamar yang bekerja dengan 23 lembaga penelitian termasuk Kementerian Pendidikan Tiongkok, Kementerian Industri dan Teknologi Informasi, Kementerian Alam. Sumber Daya dan Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok (CAS).

Setelah evaluasi, 31 aplikasi dari 13 lembaga penelitian telah diberikan persetujuan untuk mempelajari sampel bulan pertama, kata Pei, menambahkan bahwa putaran evaluasi aplikasi berikutnya telah dijadwalkan pada September tahun ini.

Disebutkannya, pusat tersebut belum menerima lamaran resmi dari lembaga penelitian asing. CNSA mendorong studi internasional bersama sampel bulan, di mana ilmuwan asing dapat berpartisipasi, misalnya, dengan bergabung dengan tim peneliti Tiongkok.

Pei menambahkan bahwa anggota komite ahli yang dibentuk untuk meninjau dan mengevaluasi aplikasi studi sampel bulan sejauh ini semuanya berasal dari Tiongkok. Panitia akan membuka posisinya untuk tenaga ahli asing di masa depan sesuai dengan kebutuhan studi sampel dan kerjasama internasional.

Zhu Rixiang, presiden komite ahli dan juga anggota CAS, mengatakan kepada pers bahwa aplikasi studi yang disetujui mencakup bidang-bidang seperti proses permukaan bulan, usia aktivitas gunung berapi, proses evolusi bulan, dan komposisi mineral dan volatil.

Sampel Chang'e-5 berbeda dengan sampel yang diperoleh Amerika Serikat dan Uni Soviet di masa lalu. Studi sampel Chang'e-5 akan menawarkan wawasan baru tentang evolusi bulan dan planet, dan kelayakhunian planet, tambahnya.

Sampel bulan dikirim ke institusi termasuk dari CAS, China University of Geosciences (Beijing), China University of Geosciences (Wuhan), dan Sun Yat-sen University.

Probe Chang'e-5, yang terdiri dari pengorbit, pendarat, ascender, dan returner, diluncurkan pada 24 November 2020. Kapsul kembali mendarat di Daerah Otonomi Mongolia Dalam Tiongkok utara pada 17 Desember, mengambil sekitar 1.731 gram sampel bulan. (*)

Terkait

news

Bye-bye Tiktokers Cilik, China Larang Livestreamer di bawah ...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

technology

Robot Multitasking Asal China, Bisa Buat Kopi Hingga Bersih-...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

culture

POTRET : Situs Makam Ming Xiaoling Peninggalan Dinasti Ming

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Hindari Bingung Acar China, Kimchi Korea Berganti Nama Begin...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Karya Sastra China versi Online Digemari Warga Dunia

  • Djono W. Oesman
  • 24 Jul 2021

news

Bank Indonesia Resmi Kerja Sama Dagang Pakai Rupiah dan Yuan

  • Lupita
  • 24 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong