Baca dalam 11 menit

Inilah Kontribusi China ke 160 Negara, Terkait South-south Cooperation

Waktu Publish : 21 Jul 2021, 11:40 WIB
SHARE ARTIKEL

Bendera Tiongkok - Image from Nikada/Getty Image

Jakarta, Bolong.id - Pemerintah Tiongkok, dalam kerangka South-South Cooperation, telah membantu 160 negara dan organisasi internasional, tanpa syarat apa pun. Ini sudah diakui masyarakat internasional. Terutama, oleh negara-negara penerima manfaat.

Press Release yang diterima Bolong.id dari Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia pada Rabu (21/7/2021), menyatakan hal itu.

Dijelaskan, sejak Kongres Nasional ke-18 Partai Komunis Tiongkok (PKT), Tiongkok telah memasuki tahap baru, menyangkut bantuan luar negerinya.

Presiden Tiongkok, Xi Jinping mengedepankan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dengan Belt and Road Initiative, mengadvokasi prinsip menegakkan keadilan sambil mengejar kepentingan bersama, prinsip ketulusan, hasil nyata, afinitas dan itikad baik, dan prinsip persahabatan, ketulusan, saling menguntungkan dan inklusivitas.

Tiongkok mengumumkan serangkaian tindakan bantuan asing pada acara-acara internasional seperti Belt and Road Forum for International Cooperation dan Beijing Summit of the Forum on Tiongkok-Africa Cooperation, berbagi kebijaksanaan dan solusi Tiongkok untuk masalah pembangunan global dan mempromosikan implementasi Agenda 2030 PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Inisiatif semacam itu merupakan representasi langsung dari rasa tanggung jawab Tiongkok sebagai kekuatan utama.

Pada Desember 2004, ketika gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda yang sangat besar di Indonesia, Sri Lanka, Thailand, India, Maladewa, dan negara-negara lain.

Tiongkok memberikan bantuan gratis senilai hampir RMB 700 juta (Sekitar Rp 1,5 T) melalui saluran multilateral dan bilateral, dan segera mengirimkan tim penyelamat internasional ke daerah yang dilanda bencana.

Bantuan dari Tiongkok - Image from Bolong.id

Sejak 2017, Tiongkok telah menenggelamkan sekitar 1.800 sumur air dalam dan membangun sekitar 80 kolam di 16 provinsi di Kamboja, termasuk Kampong Chhnang, Prey Veng, Kampong Speu, dan Svay Rieng. Inisiatif ini telah sangat meningkatkan pasokan air di daerah pedesaan di Kamboja.

Bantuan Tiongkok untuk penyediaan air Kamboja - Image from Bolong.id

Pada tahun 2018, Tiongkok menyediakan 40 kendaraan klinik keliling yang dilengkapi dengan peralatan medis untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan dan pengobatan umum, meliputi pediatri, bedah umum, kebidanan dan kandungan, kedokteran gigi, THT, rontgen, dan ultrasound.

Klinik mobil bantuan Tiongkok - Image from Bolong.id

Pada Mei 2018, Tiongkok mengadakan Program Pelatihan Digitalisasi Pendidikan Kamboja di Changsha, Hunan, yang diikuti oleh 38 pejabat.

Peserta pelatihan - Image from Bolong.id

Pada Maret 2020, tujuh ahli medis Tiongkok dan pasokan medis antipandemi tiba di Bandara Internasional Phnom Penh dengan penerbangan carteran.

Pasokan medis yang disediakan oleh Tiongkok - Image from Bolong.id

Pada bulan Maret 2002, proyek Proyek Pabrik Semen (Tahap II) di Laos dibangun dengan pinjaman lunak dari Tiongkok dan telah selesai. Dengan produksi tahunan 200.000 ton semen, pabrik ini mengadopsi teknologi dan peralatan kelas dunia, sehingga mengurangi pembuangan asap dan debu hingga 98%.

Potret pabrik semen - Image from Bolong.id

Jalan Tol Kunming-Bangkok adalah bagian penting dari Koridor Ekonomi Utara-Selatan untuk Kerjasama Ekonomi Subregion Mekong Raya. Ruas di Laos memiliki panjang total 240 kilometer dan disponsori bersama oleh Tiongkok, Thailand, dan Asian Development Bank. Ruas jalan sepanjang 86 kilometer yang dibangun Tiongkok selesai pada Juni 2006. Seluruh ruas di wilayah Laos dibuka untuk lalu lintas pada Maret 2008.

Jalan Tol Kunming-Bangkok - Image from Bolong.id

Pada November 2018, Tiongkok menerapkan program pelatihan luar negeri tentang teknologi promosi biogas di Laos.

Dokumentasi pelatihan biogas - Image from Bolong.id

Vaksin COVID-19 yang diberikan secara gratis oleh pemerintah Tiongkok tiba di Bandara Internasional Wattay di Vientiane, Laos, pada 8 Februari 2021. Laos menjadi salah satu negara pertama yang menerima bantuan vaksin dari Tiongkok.

Pengiriman vaksin COVID-19 - Image from Bolong.id

Pada Maret 2020, perbekalan anti-COVID-19 yang diberikan pemerintah Tiongkok ke Malaysia tiba di Bandara Kuala Lumpur dengan menggunakan pesawat carteran.

Perbekalan anti-pandemi - Image from Bolong.id

Jembatan Gantung Kabel Baja Kunlong di Republik Persatuan Myanmar dibangun dengan bantuan Tiongkok dan mulai digunakan pada tahun 1965, menjadi “Jembatan Persahabatan” yang melambangkan persahabatan antara Tiongkok dan Myanmar. Jembatan dengan panjang 247,9 meter dan lebar 6,75 meter ini terdiri dari satu lajur untuk penggunaan kendaraan dan dua trotoar. Jembatan ini juga mampu menahan 24 truk yang memuat beban penuh 10 ton melintasi sungai secara bersamaan di sepanjang jembatan.

Jembatan Persahabatan Tiongkok-Myanmar - Image from Bolong.id

Pada bulan September 2003, pembangunan Pabrik Mesin Pertanian di Myanmar dibangun dengan pinjaman bebas bunga dari Tiongkok dan telah selesai. Pabrik tersebut memproduksi 10.000 traktor berjalan 16-tenaga kuda, 10.000 mesin diesel dan pembudidaya putar, dan 5.000 pemanen per tahun, menciptakan lebih dari 1.300 pekerjaan.

Pabrik Mesin Pertanian - Image from Bolong.id

Pada April 2019, pusat rehabilitasi narkoba di Agusan del Sur, Filipina, yang dibangun dengan bantuan Tiongkok, diresmikan. Pusat ini mencakup area sekitar 3 hektar dengan total luas bangunan 6.750 m². Dilengkapi dengan fasilitas pengobatan, pelatihan, dan rehabilitasi untuk memberikan layanan seperti perawatan rehabilitasi, tes ketergantungan narkoba, dan konsultasi bagi pecandu narkoba di Filipina selatan.

Pusat rehabilitasi narkoba - Image from Bolong.id

Pada Maret 2020, pasokan anti-COVID-19 yang diberikan Tiongkok ke Filipina tiba di Manila dengan pesawat carteran. Perbekalan tersebut antara lain berisi reagen uji untuk 100.000 orang, 100.000 masker bedah medis, 10.000 masker N95, dan 10.000 pakaian pelindung medis.

Pasokan anti-pandemi - Image from Bolong.id

Pabrik Pupuk Nitrogen Bắc Giang di Vietnam dibangun dengan bantuan Tiongkok dan selesai pada tahun 1976. Dengan luas bangunan 33.000 meter persegi dan produksi tahunan 65.000 ton pupuk nitrogen, pabrik ini adalah pabrik pupuk nitrogen terbesar di Vietnam saat itu.

Pabrik Pupuk Nitrogen - Image from Bolong.id

Pada Januari 2008, para ahli dari Tiongkok dikirim ke Timor Timur untuk bekerja sama dalam proyek percontohan padi hibrida. Berkat pengelolaan yang cermat dari para ahli pertanian Tiongkok selama lebih dari dua tahun, ladang percontohan ini memiliki hasil padi beberapa kali lebih tinggi daripada di daerah setempat.

Para ahli dari Tiongkok - Image from Bolong.id

Tiongkok menerapkan program pelatihan untuk operator mesin skala besar di Timor Timur pada Juli 2017.

Pakar dari Tiongkok selama pelatihan - Image from Bolong.id

Pembangunan Kereta Api Tanzania-Zambia secara resmi dimulai pada 26 Oktober 1970. Sebagai salah satu proyek bantuan luar negeri terbesar Tiongkok hingga saat ini, ini berfungsi sebagai arteri lalu lintas utama di Afrika Timur.

Perayaan pembangunan Kereta Api Tanzania-Zambia di daerah setempat - Image from Bolong.id

Dibangun dengan bantuan pemerintah Tiongkok, Jalan Raya Karakoram di Pakistan selesai dibangun pada tahun 1979 dan dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1986. Jalan raya ini diakui sebagai salah satu jalan raya beraspal tertinggi dan terindah di dunia dan sering disebut sebagai Keajaiban Kedelapan di dunia.

Jalan raya Karakoram - Image from Bolong.id

Pusat Konferensi Uni Afrika terletak di Addis Ababa, ibu kota Ethiopia, dan dibangun dengan bantuan Tiongkok. Total luas bangunan adalah 51.000 m², dan pembangunannya dimulai pada 11 Juni 2009 dan selesai pada 14 Januari 2012.

Pusat Konferensi Uni Afrika - Image from Bolong.id

Presiden Xi Jinping melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya ke Maladewa pada September 2014. Para pemimpin kedua negara mencapai konsensus untuk membangun Jembatan Persahabatan Tiongkok-Maladewa, yang merupakan proyek penting yang dibangun oleh kedua negara di bawah Belt and Road Initiative. Proyek ini menghubungkan ibu kota Malé ke Pulau Bandara. Jembatan utamanya sepanjang 760 meter.

Jembatan Persahabatan Tiongkok-Maladewa - Image from Bolong.id

Presiden Tiongkok Xi Jinping mengumumkan bahwa pemerintah Tiongkok akan mengimplementasikan proyek TV satelit untuk 10.000 desa di Afrika pada KTT Johannesburg Forum Kerjasama Tiongkok-Afrika pada bulan Desember 2015. Proyek ini dilakukan di 10.000 desa di 23 negara Afrika, meliputi Afrika Selatan Timur, Afrika Tengah, Afrika Barat, dan daerah lainnya.

Proyek yang dikirimkan ke Sekolah Dasar desa di Uganda - Image from Bolong.id

The Institute of South-South Cooperation and Development dibangun di bawah inisiatif bantuan luar negeri utama yang diumumkan oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping. Ini bertujuan untuk merangkum dan berbagi pengalaman sukses Tiongkok dalam tata kelola negara dengan negara berkembang lainnya.

Upacara wisuda pertama tahun 2017 - Image from Bolong.id

Tiongkok telah mengeksplorasi bantuan asing dengan karakteristik Tiongkok selama 70 tahun terakhir yang luar biasa. Ini adalah jalur persahabatan dan kerja sama, memberikan contoh yang baik untuk South-South Cooperation.

Tiongkok akan menerapkan langkah-langkah bantuan luar negeri yang disuarakan oleh Presiden Xi Jinping dalam acara-acara internasional besar seperti KTT untuk peringatan 70 tahun berdirinya PBB, Forum Belt and Road untuk Kerjasama Internasional, dan Beijing Summit of the Forum dalam Kerjasama Tiongkok-Afrika. Tiongkok akan bekerja dengan negara-negara lain untuk mempromosikan kerja sama pembangunan internasional, memfasilitasi pelaksanaan Agenda PBB 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

25 Tahun Merdeka, China Beri Selamat Ke Turkmenistan

  • Lupita
  • 13 Dec 2020

lifestyle

China Garap Drama TV untuk Peringati 100 Tahun Berdirinya PK...

  • Lupita
  • 06 Dec 2020

health

Kontribusi China Lawan Pandemi Global COVID-19

  • Lupita
  • 20 Nov 2020

news

PBB Puji Kontribusi China untuk Perdamaian Dunia dan Pengent...

  • Isna Fauziah
  • 21 Sep 2020

news

Uni Afrika Sangat Berterima Kasih Atas Kontribusi Tiongkok D...

  • Oki
  • 14 Jun 2020

business

Kontribusi Mitra Forum Boao Untuk Konferensi Forum Kesehatan...

  • Nabila Caya
  • 10 Apr 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong