Baca dalam 5 menit

7 Minuman Khas Hong Kong yang Unik

Waktu Publish : 28 Sep 2021, 11:52 WIB
SHARE ARTIKEL

Gei lim kau see nai, Cream Soda dengan Susu - Image from foodpicks.tw

Hong Kong, Bolong.id - Kafe, di Hong Kong disebut juga Cha Chaan Tengs (Bahasa Kanton). Selalu ramai pengunjung. Bagi wisatawan asing, daftar menu bisa dianggap aneh.

Dilansir dari localiiz.com, berikut panduannya:

1. Kopi dengan teh susu (鸳鸯)

Kopi dengan teh susu - Image from twfooding

Minuman khusus ini lebih dikenal sebagai yuen yeung — begitulah cara Anda memesannya saat berada di cha chaan teng.

Namanya diambil dari sepasang bebek mandarin, ini adalah minuman untuk jika Anda tidak dapat memutuskan antara minum teh susu dan kopi—jadi mengapa tidak mencoba keduanya?

2. Es kacang merah (紅豆冰)

Es Kacang Merah - Image from The Missing Lokness

Favorit sepanjang masa di musim panas yang lembab di Hong Kong, es kacang merah adalah minuman yang dibuat dengan kacang merah manis, sedikit susu evaporasi, satu sendok es krim vanila, dan es serut. Itu disajikan dalam cangkir logam dingin yang klasik.

3. Ribena dengan lemon (柠宾)

Ribena dengan Lemon - Image from picuki

Banyak orang yang dibesarkan di Hong Kong akan kesulitan untuk melupakan rasa nostalgia Ribena. Minuman konsentrat blackcurrant yang populer ini berasal dari Inggris tetapi telah membuat kesan mendalam pada selera anak muda Hong Kong pada 1990-an. Meskipun Anda dapat membelinya di supermarket mana pun—untuk dicampur dengan air atau air soda—saat disajikan dalam cha chaan teng, Anda dapat menambahkannya dengan irisan lemon!

4. Coke panas dengan lemon & jahe (热柠乐)

Coke panas dengan Lemon dan Jahe - Image from rumtoast

Seperti namanya, yeet ling lok atau coke panas dengan lemon dan jahe ini biasanya memang disajikan panas dan memiliki fungsi ganda sebagai obat untuk gejala pilek dan flu. Dikatakan dan dipercaya di antara penduduk setempat—meskipun tidak diverifikasi secara ilmiah—bahwa uap dari minuman panas akan membersihkan sinus, kafein dari Coke akan membangkitkan kembali indra, kepedasan jahe akan menghangatkan tubuh Anda, dan lemon akan memberikan asupan vitamin C.

5. Black Cow (黑牛)

Black Cow - Image from Open Rice

Black Cow atau sapi hitam dalam bahasa Indonesia memang terdengar aneh. Diucapkan sebagai huk ngau, minuman yang memanjakan ini dibuat dengan satu sendok cokelat atau es krim Rocky Road yang mengapung dalam secangkir Coke dingin. Minuman ini selalu populer di kalangan anak-anak.

6. Cream soda dengan susu (忌廉沟鲜奶)

Cream Soda dengan Susu - Image from homebaristaworkshop

Cream soda dengan susu mungkin terdengar seperti kombinasi yang aneh, tetapi jika digabungkan, ia menciptakan rasa magis yang merupakan salah satu minuman cha chaan teng klasik. Disajikan dingin dengan setengah gelas susu, Anda cukup menuangkan cream soda yang menyertainya. Hasil akhirnya adalah milkshake manis yang mengingatkan Anda pada krim kocok—Anda akan tahu apa yang kami maksud setelah mencobanya. Tapi pertama-tama, Anda harus membungkus lidah Anda dengan pengucapan nama minuman tersebut, yaitu gei lim kau see nai.

7. 7-Up dengan jeruk nipis asin (咸柠七)

7-Up dengan Jeruk Nipis Asin - Image from KelvinYFL

Minuman yang bagus untuk siapa saja yang menderita batuk atau sakit tenggorokan, ham ling chat adalah segelas Sprite atau 7-Up dengan es batu dan jeruk nipis asin yang diawetkan. Jeruk nipis ditempatkan dalam stoples dan dilapisi dengan garam untuk membantu proses pengawetan dan dikatakan dapat meringankan gejala sakit tenggorokan.

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong