Baca dalam 2 menit

Mie Potong Shanxi Warisan Dinasti Tang

Waktu Publish : 07 Sep 2021, 10:26 WIB
SHARE ARTIKEL

Dao Xiao Mian - Image from dachu.co

bEIJING, Bolong.id - Menurut legenda, mie satu ini diciptakan oleh Bu Ma Chaishao pada Dinasti Tang (pertama 618–690, kedua 705–907). Mie ini disebut Mie Potong (刀削面 dāo xiāo miàn) atau juga disebut Mie Bu Ma (驸马面fù mǎ miàn).

Seperti namanya, mie ini dipotong dengan pisau dan memiliki ketebalan sedang dengan tepi tipis, tajam, dan tampak seperti daun gandarusa.

Sebagian besar koki di restoran mie di Shanxi mahir dalam keterampilan pisau, mereka dapat meletakkan mie di kepala mereka dan memotong mie ke dalam panci besar 4 hingga 5 meter dengan satu pisau.

Dilansir dari 金心管家, mie potong ini bisa dikatakan sebagai makanan sehari-hari masyarakat Shanxi, dan memiliki cita rasa yang unik.

Topping mie potong ini antara lain saus tomat dan telur, saus daging goreng, suwiran daging babi yang diasinkan, sup daging kambing, babi potong dadu terong, jamur jarum emas, bumbu telur, dan sebagainya.

Shanxi adalah provinsi yang terkenal di Tiongkok dengan mienya. Selain mie potong, ada juga mie lain yang terkenal seperti mie rebus Shanxi, mie kuping kucing, mie gunting, mie kulup, mie sorgum, mie ikan, dll.

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong